Kesbangpol Sultra Imbau ASN Jaga Netralitas – Kendari Pos
Politik

Kesbangpol Sultra Imbau ASN Jaga Netralitas

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) diperiksa karena diduga terlibat politik praktis di tujuh kabupaten di Sultra yang gelar Pilkada. Ada yang telah dibawah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ada juga yang masih didalami Bawaslu.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra mewanti-wanti ASN untuk menjaga gerak selama Pilkada. ASN harus bersikap netralit.

Kepala Kesbangpol Sultra Parinringi mengatakan, status netralitas ASN dalam ajang pilkada adalah bagian sumbangsih positif dalam menjaga keberlangsungan demokrasi yang sehat. Regulasi yang menetapkan batasan-batasan langkah para ASN wajib diaktualisasikan dengan baik.

“Para ASN harus berjiwa patriot. Menolak terpengaruh dengan berbagai hasutan maupun godaan yang dapat menggangu stabilitas sikap netral. Termasuk menjaga gelagat tidak cenderung kepada salah satu pasangan calon. Apalagi sampai pada sikap menyosialisasikan, hal tersebut sangat tidak diperkenankan,”kata Parinringi kepada Kendari Pos, Rabu (8/7).

Berkaca dari di tahun-tahun sebelumnya, kata dia, tak sedikit ditemukan fakta di lapangan yang menunjukan keterlibatan ASN dalam pilkada. Artinya potensi terulangnya kembali catatan buruk tersebut, masih bisa terjadi. Olehnya, amat penting pemerintah memberikan sanksi tegas kepada oknum-oknum ASN yang terbukti melanggar asas netralitas.

“Dengan sanksi yang tegas, maka ada dua pembelajaran di sana. Pertama, sebagai efek jera bagi pelaku agar tidak lagi mengulangi perbuatannya. Kedua, sebagai bentuk edukasi kepada ASN lainnya untuk tidak meniru atau melakukan kesalahan serupa. Dengan sistem tersebut, maka upaya meminimalisir menuju sikap steril ketidaknetralnya ASN dalam eskalasi pilkada dapat diwujudkan,”tuturnya.

Mantan wakil Bupati Konawe itu menjelaskan, integrasi dari berbagai elemen memantau serta mengawasi jalannya pilkada juga sangat dipandang perlu. Di satu sisi, kesatuan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat harus senantiasa dikedepankan dalam ranah pergaulan atau komunikasi sosial.

“Pada intinya, kita berharap pesta demokrasi tahun ini berlangsung dengan efektif dan efisien. Sehingga pada hasilnya nanti benar-benar melahirkan pemimpin berkualitas. Pemimpin cerdas dan benar yang sungguh-sungguh memperjuangkan kesejahteraan rakyat dan memajukan daerah,”tandasnya. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy