Kepesertaan BPJS Warga Wakatobi Capai 96 Persen – Kendari Pos
Wakatobi

Kepesertaan BPJS Warga Wakatobi Capai 96 Persen


KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi untuk menuntaskan kepesertaan BPJS warganya yang disalurkan melalui program Kesehatan Bersinar, memperlihatkan hasil signifikan. Selain dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN), PNS hingga TNI dan Polri serta swasta, APBD juga turut andil dalam memastikan masyarakat Wakatobi mendapatkan pelayanan kesehatan melalui fasilitas jaminan kesehatan tersebut. Setelah dikalkulasi, kepesertaan BPJS di Wakatobi diklaim telah mencapai 96 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis, menyebut, tahun ini juga anggaran yang dialokasikan melalui APBD untuk BPJS sebesar Rp 24 miliar. Nominal tersebut lebih banyak dibanding tahun lalu. Bupati, H. Arhawi menargetkan seluruh masyarakat mengantongi kartu BPJS, khususnya yang kurang mampu agar bisa diakomodasi Pemerintah melalui program Kesehatan Bersinar.

“Target Pemkab Wakatobi, secara universal sudah mengantongi BPJS. Tahun ini Pemkab mengalokasikan anggaran untuk BPJS sebanyak Rp 24 miliar. Kalau dihitung-hitung sekarang totalnya selain melalui APBD, sudah 96 persen,” ungkapnya, kemarin.
Muliadin Anis menuturkan masyarakat Wakatobi yang menerima BPJS melalui APBN sejauh ini sebanyak 47 ribu peserta. Sementara sekitar 48 ribu peserta lainnya diakomodir melalui APBD dari program Kesehatan Bersinar.

Tahun ini alokasi anggaran untuk BPJS lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Hal itu karena iuran BPJS mengalami kenaikan. “Kalau tahun lalu hanya sekitar Rp 13 miliiar. Tahun ini karena iuran meningkat jadi anggarannya juga naik jadi Rp 24 miliiar. Kita berharap bisa mencapai target universal,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy