Kementan Salurkan 66 Ribu Bibit Ayam Unggul – Kendari Pos
Wakatobi

Kementan Salurkan 66 Ribu Bibit Ayam Unggul

Tamrin


KENDARIPOS.CO.ID — Sempat gagal pada tahun 2019 lalu, bantuan bibit ayam unggul akhirnya akan disalurkan pada masyarakat Wakatobi. Sebanyak 66.500 ekor bibit ayam unggul akan diberikan ke rumah tangga miskin (RTM). Penyaluran akan dilakukan langsung oleh Satuan Kerja (satker) Kedua, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa yang diberikan amanah oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Wakatobi, Tamrin, menjelaskan, penerima bibit ayam unggul ini sebanyak 1.330 RTM yang tersebar pada 17 desa dan kelurahan di Kecamatan Wangiwangi. Terkecuali, Kelurahan Wanci, Desa Sombu dan Wapia-Pia. “Nanti desa dan kelurahan lain menyusul. Setelah 17 desa dan kelurahan terbukti berhasil mengembangkan bibit unggul ini,” ungkap Tamrin, akhir pekan lalu.

Pihaknya saat ini masih fokus pada titik-titik tertentu agar pembinaan kepada peternak mudah dijangkau, apalagi targetnya berkelanjutan. Ia juga berharap agar peserta mendukung program pemerintah setempat sehingga upaya menghadirkan program pusat ke daerah mudah dicapai. “Sebenarnya, program bantuan ini telah gagal pada akhir tahun 2019 usai Satker Balai Pembibitan Ternak Unggul asal Bali memberikan bantuan stimulan uang Rp 500 ribu lewat pendampingnya untuk pembuatan kandang. Namun, upaya Bupati Wakatobi, Bapak H. Arhawi yang bersurat langsung ke Kementan mendapat respon, sehingga bantuan ini kembali disalurkan,” beber Tamrin.

Dalam surat pada bulan Maret tersebut kata Tamrin, Bupati Wakatobi meminta Kementan agar program bantuan peternakan ini bisa dilanjutkan. “Mengingat penerima RTM sudah mendapat kandang tapi belum ada bibit ternak sesuai perencanaan awal sebesar 66.500 ekor. Alhamdulillah direspon dengan baik dan bakal disalurkan,” sambungnya. Selain bibit ayam unggul, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa juga akan memberikan paket obat-obatan, vitamin dan vaksinasi. Ini memungkinkan perkiraan ayam bisa bertahan selama target 30 hari dan bisa produksi. Baik menjadi ayam pedaging maupun petelur yang bisa diproduksi untuk berkembang biak.

Sekedar diketahui, sebelum disalurkan, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa melakukan bimbingan teknis pada seluruh peserta pada pekan lalu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadis Pertanian, para lurah dan kepala desa serta perwakilan penerima bantuan dan para pendamping peternakan. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy