Kemenag Bolehkan Salat Id di Lapangan – Kendari Pos
Konawe

Kemenag Bolehkan Salat Id di Lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Selain di masjid, pelaksanaan salat Iduladha 1441 Hijriyah di Konawe kini bisa digelar di tanah lapang. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe sudah membolehkan umat Islam setempat melaksanakan salat Id di tempat-tempat terbuka. Keputusan itu merujuk pada surat edaran (SE) Kemenag RI nomor 18 tahun 2020 tentang penyelenggaraan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban tahun 2020 menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Konawe, Ahmad Lita Rendelangi, mengatakan, keputusan yang dikeluarkan ihwal pelaksanaan salat Iduladha di Konawe itu, diambil dengan mempertimbangkan situasi daerah dimasa pandemi Covid-19. “Wabah virus corona di Konawe mulai mereda. Kita bolehkan warga salat Ied di masjid dan lapangan terbuka tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Ahmad Lita Rendelangi, Senin (27/7).

Pihaknya juga tak akan lagi menerapkan sistem rayonisasi dalam pelaksanaan salat Iduladha kali ini. Beda halnya dengan Idulfitri lalu. Kemenag memberlakukan pola tersebut lantaran kondisi wilayah yang belum pulih sepenuhnya dari terpaan pandemi. “Rayonisasi tidak berlaku lagi. Itu juga untuk menghindari kerumunan jemaah dalam satu titik,” ungkap Ahmad Lita Rendelangi. Selain hal tersebut, ia meminta warga yang hendak berkurban agar memperhatikan syariah Islam menyangkut tata cara penyembelihan hewan. Mulai dari segi kesehatan atau cacat fisik pada ternak, maupun usia hewan yang akan dijadikan kurban saat Iduladha. “Terlepas dari itu, kita tetap imbau warga utamakan keselamatan saat momentum hari raya. Entah itu pada saat salat atau ketika penyembelihan kurbannya,” tutupnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy