Keberangkatan 50 Calon Jamaah Umrah asal Wakatobi Ditunda – Kendari Pos
Wakatobi

Keberangkatan 50 Calon Jamaah Umrah asal Wakatobi Ditunda


KENDARIPOS.CO.ID — Keberangkatan 50 calon jamaah umrah program Wakatobi Religius tahun 2020, ditunda. Akibat pandemi Covid-19, hampir semua tahapan belum dilakukan. Padahal rencananya, seluruh calon jamaah harus diberangkatkan sebelum memasuki bulan Ramadan 1441 Hijriah lalu. Sampai saat ini jadwal keberangkatan seluruh jamaah belum ada kepastian. Selain harus menunggu kebijakan Pemerintah Pusat terkait izin keberangkatan ke Tanah Suci, para calon jamaah yang sebelumnya sudah mempersiapkan diri diharapkan bersabar. Mengingat, seluruh nama dan data yang sebelumnya telah diumumkan pada HUT Wakatobi tahun lalu tetap akan diberangkatkan.

Kabag Kesejehateraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Wakatobi, Usman, menegaskan, penundaan ini bukan kemauan pemerintah daerah. Namun karena masih era pandemi, terpaksa jadwal yang telah disiapkan sebelumnya tidak terlaksana. Ia memastikan anggaran yang dialokasikan melalui APBD tersebut masih utuh dan tidak dialihkan atau direalokasi ke anggaran penanganan Covid-19.

“Anggaran sebesar Rp 1,8 miliar itu masih ada. Kami masih menunggu keputusan dari pusat. Jika sudah ada izin maka akan diagendakan kembali jadwal tahapan persiapan dan keberangkatannya. Kita akan menunggu sampai Desember mendatang,” ujarnya. Usman juga mengakui, keberangkatan calon jamaah umrah tahun 2020 bisa saja terealisasi tahun 2021 mendatang. Namun, ia kembali menegaskan, yang sudah terdata sebagai penerima hadiah umrah gratis dari Pemkab Wakatobi melalui program Wakatobi Religius tak akan diganti siapapun.

“Kalau sampai Desember belum ada izin, maka bisa saja akan kita geser jadwalnya tahun depan. Dan tidak menutup kemungkinan, para calon jemaah tahun ini akan berangkat sama-sama dengan yang terdaftar tahun depan. Sehingga ada dua kelompok nantinya. Tapi, sekali lagi itu nanti kita lihat kondisinya ke depan,” terang Usman. Sekadar diketahui, tahun 2020 merupakan kali keempatnya bagi sejumlah masyarakat Wakatobi yang berprestasi di bidang keagamaan mendapatkan apresiasi dari Pemkab melalui program tersebut. Jika tahun ini terlaksana seperti sebelumnya, maka lebih dari 200 warga telah menikmati umrah gratis dari Wakatobi Religius. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy