Kapolda Sultra Hadiri HUT ke-74 Bhayangkara Bersama Presiden Secara Virtual – Kendari Pos
Nasional

Kapolda Sultra Hadiri HUT ke-74 Bhayangkara Bersama Presiden Secara Virtual


KENDARIPOS.CO.ID — Saban 1 Juli setiap tahun Korps Bhayangkara berulang tahun. Tahun 2020 ini, tahun ke-74 bagi institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Polisi di seluruh pelosok nusantara merayakan Hari Bhayangkara ke-74, hari ini. Mengingat Hari Bhayangkara di tengah pandemi Covid-19, maka peringatannya digelar sesuai protokol kesehatan.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs.Merdisyam, M.Si, Waka Polda Sultra, Brigjen Pol Drs.Yan Sultra Indrajaya, SH, para pejabat utama (PJU) Polda Sultra dan unsur Forkopimda Sultra akan mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara secara virtual bersama Presiden RI, Ir.Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Drs. Idham Azis, M.Si.

Meski kemasan peringatan Hari Bhayangkara sedikit berbeda namun perayaannya sarat akan nilai kemanusiaan dan kemasyarakatan. Jauh sebelum upacara HUT Bhayangkara digelar, Polda Sultra turun membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dalam kegiatan bertajuk bakti sosial. Hal itu sebagai bentuk kepedulian kepada rakyat.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs.Merdisyam, M.Si menuturkan beberapa bulan terakhir pihaknya menggelar bakti sosial. Hal itu sebagai bentuk keprihatinan Polri terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Beberapa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan yakni donor darah, memberikan bantuan sembako kepada masyarakat dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19. “HUT Bhayangkara kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun kami tetap melaksanakan bakti sosial untuk membantu masyarakat,” ujar Irjen Pol Merdisyam kepada Kendari Pos usai konferensi pers terkait pengungkapan kasus Curanmor antar provinsi di Lapangan Mako Polda Sultra, Selasa (30/6).

Pengganti Brigjen Pol Iriyanto ini menuturkan, dalam situasi seperti saat ini, Polda Sultra fokus banyak membantu masyarakat dan sejumlah kegiatan yang mendukung jalannya Kamtibmas di wilayah Polda Sultra. Polda Sultra juga menggelar kegiatan bersama beberapa ormas, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan organisasi keagamaan. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mengajak berperan serta dalam penanganan Covid-19. “Ini dilakukan dengan melibatkan Satgas Kepemudaan yang dibentuk oleh Polda Sultra,”kata Irjen Pol Merdisyam.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam juga membentuk Kampung Tangguh Nusantara. Yakni sebuah kerja sama polisi dan pemerintah daerah untuk saling membantu dalam penanganan dampak Covid-19. Fokusnya tentang membantu masyarakat mengatasi masalah ekonomi, kesehatan dan masalah keamanan. Tentunya melibatkan peran-peran Bhabinkamtibmas dan pemerintah desa.

“Memang saat ini maklumat Kapolri telah dicabut, tapi bukan berarti kita bebas apa saja. Tetap kita mengikuti protokol kesehatan, dan juga tetap saling membantu. Terutama menyelesaikan masalah ekonomi, kesehatan dan masalah keamanan,”ungkap Irjen Pol Merdisyam.

Untuk diketahui, Hari Bhayangkara tahun 2020 mengangkat tema Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif. Dalam konteks itu, Polri hadir di tengah masyarakat dan bersama-sama mengatasi dampak sosial ekonomi dan keamanan akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Beragam aksi bakti sosial digelar sebagai bentuk kedekatan Polri dengan rakyat. “Bakti sosial ini merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat,” kata Irjen Pol Merdisyam mengutip amanat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy