Kadisdukcapil Wakatobi : Layanan KTP-el di Delapan Kecamatan Terhenti – Kendari Pos
Wakatobi

Kadisdukcapil Wakatobi : Layanan KTP-el di Delapan Kecamatan Terhenti

KENDARIPOS.CO.ID — Pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pada delapan kecamatan di Kabupaten Wakatobi, terhenti sementara waktu. Semua server pada tiap-tiap kecamatan mengalami kerusakan. Akibatnya data perekaman tidak bisa terkirim atau bahkan tak berfungsi sama sekali.

Baik warga yang belum merekam atau telah terdaftar sebagai pemilih pemula, tetap harus melakukan perekaman di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi. Meski di era pandemi, akhir-akhir ini kantor yang dinakhodai Kadisdukcapil, Abdul Rahim tersebut selalu ramai pengunjung. Bahkan dalam sehari saja sekitar 30 orang masyarakat datang mengurus KTP-el.

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, menyebut, meski kantornya sering dipadati warga, namun pihaknya tetap memberlakukan protap kesehatan pencegahan Covid-19. Di sisi lain, blangko KTP-el saat ini juga telah habis. Sehingga, warga yang datang terpaksa hanya diberikan surat keterangan (Suket) sementara. “Karena saat ini kita hanya andalkan server di kantor ini. Jadi, banyak masyarakat dari pulau-pulau datang merekam di sini. Karena semua server di masing-masing kecamatan rusak sehingga tidak ada pelayanan perekaman di sana,” ulangnya, menegaskan, Kamis (9/7).

Kendati kehabisan stok blangko, Rahim menyebut pihaknya sudah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sayang, kebutuhan 4.000 blangko saat ini kemungkinan besar tak akan terpenuhi. Mengingat penyaluran blangko dari Pemprov juga bakal dibatasi. “Kemungkinan kami hanya akan diberikan 1.000. Tapi kita coba negosiasi tambah jadi 2.000 keping,” harap Rahim. Sekadar diketahui, sejak tanggal 30 Juni lalu, blangko KTP-el sudah kosong. Karena pandemi, pengambilan blangko di Jakarta terkendala. Meski diizinkan, pihak Disdukcapil belum berani keluar daerah sementara waktu. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy