Kadis UMKM Kolut : 2.100 Diusul, Hanya 380 Pelaku Usaha Terima Bantuan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kadis UMKM Kolut : 2.100 Diusul, Hanya 380 Pelaku Usaha Terima Bantuan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 2.100 penggiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kolaka Utara (Kolut) sudah didata untuk mendapatkan bantuan paket Sembako dari Pemerintah Pusat. Namun setelah dilakukan evaluasi, hanya 380 warga yang masuk sebagai penerima. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kolut, Muh. Yasin, mengatakan, proses verifikasi calon penerima itu dilakukan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara berdasarkan data-data yang memenuhi persyaratan.

“Penyaluran bantuannya tuntas hari ini (kemarin),” ujar Muh. Yasin, Senin (20/7). Bantuan Sembako yang diterima sudah terkemas dalam satu paket berisi mie instan, gula 2 liter, minyak goreng 4 liter, ikan sarden dan susu masing-masing 2 kaleng serta terigu. Itu merupakan penyaluran tahap pertama dan untuk selanjutnya, tergantung kesediaan dana dari pusat. Kata Yasin, semua warga yang termasuk pelaku UMKM telah didata pihaknya. Salah satu kriteria yakni usaha warga itu memang skala kecil yang maksimal bermodal kurang lebih Rp 1 juta. “Kategorinya apakah benar layak dibantu,” sambungnya. Misalnya untuk domain Dinas Perdagangan memang kategori pedagang di pasar dan lainnya. Begitu juga untuk Dinas Perindustrian tentu yang berkenaan dengan industri.

“Dilihat lagi apakah industri perorangan atau kelompok. Kami condong melihat dari sisi besaran modal usaha semisal warung makan, Warkop hingga penjual Sembako di pinggir jalan,” rinci Muh. Yasin. Dari 2.100 pelaku UMKM tersebut sebenarnya masih banyak yang belum terdata. Hanya saja pihaknya juga lebih selektif memverifikasi berkas pengusul. Apalagi ditengarai, kadang ada pula yang kerap memanipulasi data dan tidak sesuai fakta usaha. “Yang seperti ini banyak. Tidak layak terima tetapi mengusulkan juga,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy