JNE Dorong UMKM Lakukan Ekspor – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

JNE Dorong UMKM Lakukan Ekspor

Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh JNE Cabang Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu. (JNE FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.CO.ID — Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Sebagian potensi tersebut dimanfaatkan untuk menambah nilai ekonomi melalui kegiatan ekspor. Sayangnya, ekspor Sultra masih didominasi oleh pengusaha besar sedangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) belum banyak ambil bagian dalam kegiatan ekspor.

Melihat kondisi itu, Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) berinisiatif mendorong pelaku UMKM dan masyarakat umum agar ikut melakukan kegiatan ekspor yang dinilai sangat menjanjikan. Melalui kegiatan website seminar (Webinar) yang digelar pada Rabu (23/7) lalu, masyarakat Sultra khususnya UMKM diharapkan dapat berperan menumbuhkan ekonomi daerah melalui aktivitas ekspor.

“JNE ingin berperan menggerakkan perekonomian melalui peningkatan kapasitas pelaku UMKM dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan mengedukasi pelaku usaha agar bisa menjadi eksportir, apalagi di tengah pandemi saat ini,” ujar Kepala Cabang JNE Sultra, Ratna Sari saat ditemui di kantornya, Kamis (23/7).

Dengan menggerakkan sektor-sektor ekonomi swasta, kata Ratna, perekonomian Sultra bisa ikut bangkit. Di masa pandemi Covid-19, JNE berupaya berperan aktif menumbuhkan semangat berwirausaha dengan memperluas akses pengetahuan terkait ekspor. JNE berusaha menyemangati pelaku UMKM di Sultra dengan menyediakan ruang informasi agar para pelaku UMKM dapat mengetahui alur dan prosedur ekspor.

“Ekspor itu tidak harus dilakukan dalam skala yang besar. Kami ingin mengubah paradigma masyarakat bahwa ekspor tidak sesulit dan serumit yang dibayangkan. Makanya dalam Webinar ini kami hadirkan pembicara yang kompeten salah satunya Pak Denny Benhard, Kepala Kantor Bea Cukai Kendari,” terangnya.

Lanjut dia, JNE menilai bahwa produk UMKM unggulan Sultra sangat potensial untuk diekspor. Di antaranya ada jambu mete yang kualitasnya sudah dikenal luas, kakao, sabut kelapa, abon ikan, dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana masyarakat membaca peluang dan memanfaatkannya.

Webinar ekspor disambut baik dan antusias oleh masyarakat Sultra. Kegiatan tersebut menghadirkan sedikitnya 100 peserta dari kalangan UMKM, mahasiswa, dan masyarakat umum berbagai daerah di Sultra.

“Kami berharap melalui kegiatan ini UMKM dan masyarakat terdorong untuk melakukan ekspor. JNE Sultra sendiri berkomitmen untuk ikut andil dalam menumbuhkan perekonomian daerah,” pungkasnya. (uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy