Jalan Provinsi di Butur Lubang Berlumpur – Kendari Pos
Buton Utara

Jalan Provinsi di Butur Lubang Berlumpur

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan lebat dengan intensitas tinggi terus mengguyur Kabupaten Buton utara (Butur). Konstruksi ruas jalan provinsi yang menghubungkan otorita berjuluk Lipu Tinadeakono Sara dengan Kabupaten Buton itu kian rusak parah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) didesak segera turun melakukan pembenahan atas tanggung jawab tersebut. Pasalnya, akses dan mobilitas masyarakat sangat terhambat dengan kondisi jalan berlumbang dan berlumpur.

Bupati Butur, Abu Hasan, berjanji akan menggelontorkan anggaran melalui biaya tidak terduga untuk melakukan perawatan jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra tersebut. “Pemkab bisa melakukan perawatan jalan menggunakan biaya tidak terduga dengan kondisi genting. Tentu, harus didukung dengan surat keputusan bupati terkait landasan penggelontoran anggaran tersebut. Hanya saja, saya harus pastikan dulu berapa jumlah Silpa dan besaran anggarannya. Itu yang belum dapat kami pastikan,” ujar Abu Hasan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/7).

Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu mengungkapkan, mayoritas jalan provinsi belum teraspal dan puluh jembatan nyaris roboh. Ini butuh perhatian serius Pemprov Sultra. “Sorotan masyarakat Butur tidak menyalahkan Pemprov sultra, tetapi Pemerintah Kabupaten. Padahal itu jalan provinsi dan menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra,” tegasnya. Banyaknya sorotan masyarakat itu karena kondisi jalan rawan terjadi kecelakaan. Abu Hasan memikirkan solusi terbaik untuk memporsikan anggaran perawatan jalan dengan menimbun pada titik yang kondisinya rusak parah.

“Perawatan jalan ini tidak tahan lama, karena kemudian rusak lagi. Jalan provinsi harus diaspal,” pintanya. Abu Hasan menegaskan, tak bisa menggangarkan pembiayaan pengaspalan jalan provinsi karena bukan kewenangan pemerintahannya. Jika dilakukan akan menjadi temuan dan menjadi kerugian negara. Langkah upaya lobi telah dilakukan namun tak semuanya diakomodir Pemprov Sultra. Tahun ini, hanya dua ruas jalan dibenahi dengan pengaspalan. “Padahal, panjang jalan belum tersentuh aspal masih ada 60 persen,” tandasnya. (b/had).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy