Jaga Generasi dari Ancaman Covid, UHO Terapkan Protokol Kesehatan – Kendari Pos
Nasional

Jaga Generasi dari Ancaman Covid, UHO Terapkan Protokol Kesehatan

Prof.Dr.Muhammad Zamrun Firihu., S.Si., M.Si., M.Sc


KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) tak ingin menyerah dari serangan wabah bernama virus korona (Covid-19). Prof.Dr.Muhammad Zamrun Firihu., S.Si., M.Si., M.Sc selaku “jenderal” di UHO bergerak menyiapkan perimeter pertahanan agar UHO tak terjamah Covid-19. Muaranya sangat jelas, agar sivitas akademika tetap produktif di tengah pendami. Misi besarnya adalah menyelamatkan generasi bangsa dari “teror” Covid-19.

Perimeter sebagai benteng pertahanan yang dibangun Prof.Muhammad Zamrun bukan hanya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat seperti memakai masker, rutin cuci tangan, dan menjaga jarak. Metode kuliah dan KKN tematik daring pun diaplikasikan. Kegiatan KKN tematik seperti sosialisasi germas, gerakan memakai masker, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, sesialisasi pengguna antiseptik. “KKN tematik ini kita gagas secara daring agar memberikan keamanan oleh para mahasiswa dan juga masyarakat,” ujar Prof.Dr.Muhammad Zamrun, kemarin.

Kuliah tatap muka belum diizinkan di Kampus Hijau Bumi Tridharma itu. Tujuannya untuk menghindari kontak dan kerumunan massa (social distancing) demi mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu sebagai kontribusi UHO dalam mencegah penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

UHO menerapkan metode blended learning (gabungan atau kombinasi pembelajaran langsung secara tatap muka dan virtual) secara maksimal. Dosen dan mahasiswa dapat melakukan blended learning melalui Sistem Pembelajaran kademik Daring (SPADA) UHO melalui laman https//: e-green uho ac. id.

Secara umum, ada pergeseran pola aktivitas dari yang semula dilakukan secara langsung, kini mayoritas melalui media daring. Yang pasti, Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sultra itu mengeluarkan kebijakan yang tidak akan merugikan mahasiswa. “Pelayanan akademik maupun nonakademik secara virtual saat ini akan terus diterapkan sampai keadaan memungkinkan untuk beraktivitas seperti biasa,” ungkap Prof.Dr.Muhammad Zamrun.

Rektor UHO Prof. Dr. Muh Zamrun Firihu memastikan siap menghadapi new normal dalam balutan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Yakni kewajiban mengenakan masker, penyediaan fasilitas cuci tangan, dan menjaga jarak. New normal bukanlah hambatan. Semua pihak harus bisa membiasakan diri termasuk dalam pemanfaatan teknologi. “Teknologi saat ini telah menjadi kebutuhan utama. Mau tidak mau harus bisa membiasakan dan mengakrabkan diri dengan teknologi,” imbuh Prof.Dr. Muhammad Zamrun. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy