Harga Sapi dan Kambing Masih Stabil – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Harga Sapi dan Kambing Masih Stabil

Pedagang daging sapi di Pasar Mandonga, Jumat (10/7).


KENDARIPOS.CO.ID — Harga sapi dan kambing sekira tiga pekan jelang Idul adha terpantau cukup stabil. Menurut pantauan Kendari Pos, Jumat (10/7), harga sapi dan kambing di Kota Kendari belum banyak mengalami perubahan.

Salah satu pedagang sapi dan kambing dari Kecamatan Kambu, Aldi mengatakan, harga sapi ukuran sedang dengan berat daging kurang satu kuintal sekitar Rp 11 jutaan. Kemudian, sapi dengan ukuran paling besar bisa mencapai Rp 15 juta per ekor.

“Di hari-hari biasa harganya memang segitu. Mendekati hari raya kurban, kemungkinan harga sapi yang saya jualkan tidak akan berubah. Paling kecil Rp 11 juta dan paling besar bisa sampai 15 juta,” ujar Aldi kepada Kendari Pos, kemarin.

Kemungkinan tidak berubahnya harga yang ditawarkan, kata dia, karena sapi yang ada padanya saat ini telah dibeli sekira dua hingga enam bulan sebelumnya. Sehingga, harga yang ditawarkannya tidak dipengaruhi oleh harga dari peternak jika terjadi perubahan. Selain sapi, harga kambing yang dijual Aldi juga relatif masih stabil. Kambing per ekornya dibanderol mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 5 juta. Kambing jantan biasanya lebih mahal dibandingkan kambing betina. Aldi sendiri mengaku membeli sapi dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Belinya dari Konsel. Sejauh ini permintaan sapi untuk kurban lumayan tinggi, penjualan lancar. Rata-rata pembeli kami dari masjid, bank, atau orang pribadi yang berasal dari dalam Kota Kendari,” ungkapnya.

Sulaiman, pedagang kambing di Jl. Martandu, Kecamatan Kambu, juga mengungkapkan hal senada. Saat ini, kata dia, harga kambing masih cenderung stabil. Kambing yang dipesannya dari Poso dengan harga Rp 1,5 jutaan (betina) dan Rp 2 jutaan (jantan) dijualnya kembali dengan selisih harga sekira Rp 500 ribuan.

“Harga belum berubah. Kalau dekat lebaran mungkin akan naik atau sebaliknya. Tergantung harga dari peternak,” tuturnya.

Sementara, harga daging sapi di Pasar Mandonga terpantau masih normal. Per kg dibanderol rata-rata Rp 125 ribu.

“Harga masih normal. Masih Rp 125 ribu per kg. Kalau saya beli dari peternak biasanya Rp 13 juta sampai Rp 13,5 juta per ekor,” ujar Sukri, pedagang di Pasar Mandonga. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy