Hanura Muna Protes Putusan DPP – Kendari Pos
Politik

Hanura Muna Protes Putusan DPP

La Irwan


KENDARIPOS.CO.ID — Keputusan DPP Partai Hanura mengusung Syarifuddin Udu (SU) bersama Hasid Pedansa, menuai protes keras dari kader Tim Pilkada Cabang (TPC) Hanura Muna. Pasalnya, keputusan tersebut, dinilai tidak tepat dan menyalahi garis-garis ketentuan partai dalam menjaring figur yang di dukung. Salah satu indikator mendasar dalam menilai figur yang akan dicalonkan, ditinjau dari aspek elektabilitas. Dari hasil survei yang dilakukan komponen internal TPC Muna Partai Hanura bekerja sama dengan lembaga riset, elektabilitas kandidat SU menempati peringkat ke empat. Artinya elektabilitas SU terendah dari figur yang ada.

Informasi itu diungkapkan Ketua TPC Hanura Muna La Irwan. Menurut dia, merujuk hasil survei, seyogianya yang direkomendasikan DPP adalah figur dengan elektabilitas tertinggi. Yaitu mendukung yang memperoleh peringkat satu atau peringkat dua maupun peringkat tiga.
“Selaku ketua TPC Kabupaten Muna, saya menyatakan menolak keputusan rekomendasi tersebut. Kami menganggap Keputusan DPP memberikan rekomendasi kepada Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa keliru,” kata La Irwan kepada Kendari Pos, Sabtu (25/7).

Kekuatan elektabilitas dalam mengfilter para calon kandidat, kata dia, sangat diperhitungkan. Hasil survei lembaga riset yang bekerja sama dengan TPC Muna harus menjadi rujukan utama DPP dalam menentukan dukungan. “Makanya keputusan ini saya anggap bersifat anomali. Karena menafikan data riset yang telah dilakukan TPC Kabupaten Muna,” tegas mantan anggota DPRD Muna itu.

Menurutnya, dari informasi yang dihimpun, salah satu indikasi diserahkannya rekomendasi kepada SU, dikarenakan adanya angka riset elektabilitas tertinggi yang didapatkan SU. Angka yang dikeluarkan oleh salah satu lembaga riset, tidak memiliki hubungan kerja sama dengan partai Hanura dalam semua tingkatan.

“Saya selaku TPC Muna tidak menerima data riset tersebut. Dugaan saya data riset yang menerangkan elektabiltas SU sangat tinggi adalah data yang dibuat-buat TPD (Tim Pilkada Daerah) Hanura Sulawesi Tenggara,” ujarnya. Irwan menjelaskan, alasan lain yang menjadi dasar penolakan yakni berangkat dari aturan termaktub dalam PO (Petunjuk Organisasi) Pilkada Partai Hanura. Salah satu pasalnya menyatakan, pengambilan keputusan yang dilakukan TPP (Tim Pilkada Pusat) berdasarkan masukan TPC Kabupaten/Kota dan TPD Provinsi. Sementara fakta membuktikan bahwa pengambilan keputusn penyerahan rekomendasi kepada SU-HP, tidak pernah melibatkan TPC maupun TPD.

“Hanura sebagai partai pemenang di Kabupaten Muna, seharusnya mengusung pasangan calon yang bisa berpotensi memenangkan pertarungan pilkada. Dengan menggunakan pendekatan berdasarkan riset dan data ilmiah. Hal itu sebagaimana yang disepakati dalam rapat bersama tim Pilkada di Makassar pada tanggal 2 November 2019 yang lalu,”terangnya.

Selain itu, sambung Irwan, ada kecemasan kader Hanura di Kabupaten Muna dimana sampai saat ini SU-HP belum mendapatkan partai pengusung tambahan. Guna mencukupi pendaftaran sebagai calon. Seyogianya DPP melalui TPP melakukan kajian komprehensif dalam mengeluarkan rekomendasi. Karena dalam etika politik harusnya partai Hanura sebagai partai dengan jumlah kursi terbesar mengeluarkan rekomendasi setelah bakal calon dalam hal ini SU-HP membawa rekom atau surat tugas dari partai lain. Sehingga dengan adanya rekomendasi Partai Hanura di kabupaten Muna yang diberikan kepada SU-HP saat ini, membuat Hanura berada di persimpangan jalan yang tak tentu arah.

“Kami berharap DPP Hanura melalui TPP untuk mengevaluasi dan menganulir rekomendasi yang telah diberikan kepada Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa. Dan selanjutnya meminta kepada DPP Partai Hanura agar memperhatikan aspirasi kader Hanura Muna dan data riset yang telah dilakukan oleh lembaga riset yang bekerja sama dengan partai Hanura. Dan dalam waktu dekat ini, saya akan menghadap ke DPP untuk menyampaikan persolan ini. Karena merupakan aspirasi kader daerah yang paling mengetahui seluk beluk atau kondisi perpolitikan yang ada di Muna,” tandasnya. (c/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy