Guru Diminta Perbaiki Target Pendidikan Murid – Kendari Pos
Nasional

Guru Diminta Perbaiki Target Pendidikan Murid

Ilustrasi suasana simulasi kegiatan belajar mengajar di sekolah beberapa waktu lalu. DOK. IMAM HUSEIN/JAWA POS


KENDARIPOS.CO.ID — Para siswa di seluruh Indonesia memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 dengan daerah yang berada dalam zona hijau diberikan izin untuk melakukan pembelajaran tatap muka, itupun dengan protokol yang sangat ketat. Artinya, sebagian besar sekolah masih akan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian pun menyampaikan kepada pihak sekolah untuk mempersiapkan hal ini dengan betul. Mulai dari penerapan kegiatan belajar-mengajar hingga target pengajaran kurikulum kepada para murid. “Tahun ajaran baru ini berbeda dari tahun-tahun ajaran sebelumnya. Oleh karena itu, persiapan dan target-targetnya juga berbeda. Jangan disamakan seperti saat kita dalam keadaan normal,” ujarnya kepada wartawan, Senin (13/7).

Hetifah mencontohkan, dalam penerapan kompetensi dasar siswa, tidak semuanya perlu dikejar. Para guru pun perlu untuk melakukan asesmen kepada para muridnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terkait pemberian materi sebelumnya, agar mereka mendapatkan pembelajaran sesuai kemampuan.

“Guru sebaiknya dapat memilah-milah mana kompetensi yang benar-benar harus dicapai siswa, mana yang bisa dikesampingkan dahulu. Sebaiknya tidak membebani siswa dan orangtua dengan target-target yang terlalu sulit dicapai dengan pembelajaran jarak jauh,” ucapnya.

“Kemendikbud saya harap bisa segera meluncurkan kurikulum darurat yang katanya sedang disusun, agar guru-guru seluruh Indonesia memiliki acuan yang sama dalam pemangkasan tersebut,” paparnya.

Hetifah juga berharap bahwa pihak sekolah telah lebih siap untuk melaksanakan PJJ dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. “Beberapa bulan ini kita semua sudah sama-sama beradaptasi, contohnya dengan penggunaan teknologi. Saya harap sekolah dan guru dapat mulai menggunakan platform-platform pembelajaran yang ada, karena berdasarkan survey banyak yang masih belum digunakan. Padahal itu sangat bermanfaat dan membantu proses pembelajaran,” jelasnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy