Guru Diimbau Jangan Berikan Siswa Tugas Berlebihan – Kendari Pos
Edukasi

Guru Diimbau Jangan Berikan Siswa Tugas Berlebihan

Staf pengajar SMKN 1 Kendari mengakses layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di SMK N 1 Kendari. PPDB online merupakan sistem yang dirancang untuk mengelola pendaftaran siswa baru jenjang TK, SD, SMP, SMK dan SMA mulai dari proses daftar, seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi dilakukan secara online di rumah.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra mengimbau kepada seluruh satuan tingkat pendidikan untuk tidak membebankan tugas yang berlebihan kepada peserta didik. Itu dikarenakan proses belajar mengajar (PBM) secara daring (online) yang tengah diterapkan, jauh berbeda dengan proses pembelajaran secara tatap.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan proses pembelajaran secara daring itu tidak mudah. Selain dikejar waktu, kondisi jaringan yang kadang tak stabil, memengaruhi daya serap (tangkap) siswa pada pelajaran yang diberikan. Apalagi diberikan tugas yang banyak, sementara siswa belum paham karena kondisi belajar daring.

“Sehingga kami menghimbau kepada seluruh guru yang menyelenggarakan PBM tatap muka agar memberikan tugas kepada siswa secara terukur dan bukan diberikan begitu saja, apalagi dalam jumlah yang banyak,” tambahnya.

Asrun menyarankan, ketimbang guru memberikan tugas yang berlebihan yang tak dimengerti siswa, lebih baik memberikan sedikit tugas namun mudah dimengerti dan dipahami siswa. Serta yang terpenting selalu menyisipkan pembelajaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan kepada siswa dan imbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Belajar di rumah baik secara daring maupun luring itu tidak boleh ada penekanan. Memang harus sesuai kurikulum, tapi guru juga harus pandai melihat kondisi di masa pandemi Covid-19. Peran orang tua juga penting mensuport belajar siswa dirumah,” tutup Asrun. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy