Gagal PPDB, Daftar di Sekolah yang Kuotanya Masih Ada – Kendari Pos
Edukasi

Gagal PPDB, Daftar di Sekolah yang Kuotanya Masih Ada

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 3.615 lulusan SD di Kota Kendari telah dinyatakan lolos pada seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP tahun 2020.

Berdasarkan data yang diberikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora), sejak dibukanya PPDB 2020 sekitar 4.347 peserta didik telah melakukan pendaftaran secara online. Namun yang dinyatakan lulus hanya sekitar 3.615 siswa. Hal tersebut, dikarenakan ada beberapa sekolah yang memiliki jumlah pendaftar yang melebihi kuota yang disediakan.

Kepala Dikmudora Kendari, Sartini Sarita mengungkapkan, pengumuman PPDB tingkat SD-SMP telah diumumkan Rabu pukul 16:00 Wita, pengumuman kelulusan disampaikan pada sekolah-sekolah yang ada di Kota Kendari secara online.

“Pendaftaran ulang dimulai pada tanggal 09 sampai 11 Juli. Sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis), bagi siswa yang tidak melakukan mendaftar ulang pada sekolah yang ia luluskan, berarti dinyatakan mengundurkan diri. Kemudian dalam pendaftaran ulang ini tidak ada dipungut biaya dan seluruh biaya pendaftaran ditanggung oleh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” ungkapnya.

Diakuinya terdapat 732 siswa yang tidak lolos pada PPDB 2020 ini, untuk itu pihaknya mengimbau agar para siswa tersebut mendaftar di sekolah lain yang belum terpenuhi kuotanya. Tentu tetap mempertimbangkan jarak rumah ke sekolah agar aksesnya bisa lebih mudah.

“Bagi siswa yang belum lolos pada PPDB, bisa langsung mendaftarkan diri secara offline di sekolah yang paling dekat dengan rumahnya,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7).

Sartini juga mengimbau para orang tua dan wali siswa yang anak-anaknya tidak tercover pada sekolah yang dituju ketika melakukan pendaftaran untuk tidak berkecil hati. Pasalnya, Dikmudora senantiasa memberikan ruang bagi peserta didik untuk bisa menempuh pendidikanya di bangku sekolah.

“Kita tidak bisa memaksakan kehendak untuk bersekolah pada sekolah yang kita tuju pada saat pendaftaran online karena ada beberapa faktor, salah satunya adalah jarak lokasi tempat tinggal yang sangat jauh,” pungkasnya

Sebagai informasi, jumlah siswa yang lulus untuk tingkat SMP di Kota Kendari pada jalur zonasi berjumlah 2987 siswa, jalur afirmasi 380 siswa, jalur perpindahan orang tua 78 siswa dan jalur prestasi 170 siswa, yang tersebar pada 23 SMPN dan 17 SMPS. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy