FHIL Dorong Dosen Muda Tingkatkan Penelitian – Kendari Pos
Edukasi

FHIL Dorong Dosen Muda Tingkatkan Penelitian

Suasana Webinar FHIL dalam bincang santai online dosen muda, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Peranan dosen pemula pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) adalah menghelat Webiner dalam bincang-bincang santai online Dosen Muda Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO, dengan tema “Meningkatakan Kepercayaan Diri Dosen Muda dalam Dunia Riset dan Publikasi Ilmiah” pada Sabtu, (18/7) lalu.

Bincang-bincang yang berlangsung secara virtual tersebut sebagai bentuk dorongan pada dosen muda untuk lebih percaya diri dalam hal penelitian dan publikasi ilmiah. Kendati dalam lima tahun terakhir jumlah publikasi ilmiah internasional dari indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat, bahkan menjadi negara dengan jumlah publikasi terbanyak di Asia Tenggara. Namun nyatanya, jumlah publikasi ilmiah internasional dari indonesia belum sebanding dengan jumlah dosen dan peneliti yang tersebar di 4.607 perguruan tinggi yang ada. Selain kuantitas, hal ini terjadi karena kualitas peneliti indonesia juga belum memiliki daya saing tinggi. Tentunya menjadi suatu masalah yang cukup serius, sehingga peran aktif para dosen muda sangat diharapkan.

Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Aminuddin Mane Kandari, M.Si., mengatakan, melalui kegiatan bincang-bincang online ini diharapkan mampu memberikan stimulus kepercayaan diri para dosen muda dalam dunia riset dan publikasi ilmiah. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan motivasi serta membuka wawasan dan pemikiran serta meningkatakan kepercayaan diri para dosen muda dalam dunia riset,” ungkapnya.

Kontribusi dosen muda dalam meningkatkan jumlah publikasi ilmiah nasional dan internasional. Tentunya dalam melakukan riset dan publikasi ilmiah banyak hal-hal yang perlu diperhatikan, ada rambu-rambu yang harus di ikuti dan di hindari untuk menghasilkan riset dan publikasi ilmiah yang berkualitas Internasional. Selain itu, riset yang selalu inovatif tentunya sangat di harapkan dapat terus dihasilkan oleh para dosen muda di Indonesia untuk tahun-tahun kedepannya. “Oleh karena itu pelaksanaan webinar ini sangat strategis dalam rangka mendapatkan masukan-masukan sebagai penambah wawasan dan pembuka wawasan baru, karena tampa sering berdiskusi dan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini maka tidak pernah akan lahir kepercaan diri,” tambah Mantan Ketua Senat UHO ini.

Sementara itu, salah satu kynote speaker yang dihadirkan, Henry Bastaman, Ph.D yang juga merupakan Tenaga Ahli Menteri Lingkungan dan Kehutanan RI Bidang SDGs dan Riset Lingkungan dan Kehutanan, menuturkan peneliti muda memiliki kesempatan yang luas untuk mereview pandangan konvensional mengenai alam dan lingkungan sekitar. “Penelitian ini adalah salah satu kewajiban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain tugas dosen yang mengajar, dosen juga dituntut untuk melakukan penelitian dalam pengembangan teori-teori dan ilmu untuk perkembangan pendidikan dimasa mendatang,” pungkasnya. (idh).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy