Empat Puskesmas di Kendari Bakal Kedatangan Tim Kemenkes – Kendari Pos
Metro Kendari

Empat Puskesmas di Kendari Bakal Kedatangan Tim Kemenkes

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir (tengah) memimpin rapat sosialisasi DAK non fisik. Salah satunya dipergunakan untuk penanganan covid-19


KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari terus meningkatkan kapasitas Puskesmas. Tidak hanya dalam bentuk peningkatan sarana dan prasarana, namun juga tenaga medis. Apalagi tahun ini, empat Puskesmas di Kendari bakal kedatangan tim Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ke-empat fasilitas kesehatan tersebut yaitu Puskesmas Abeli, Puuwatu, Wua-wua dan Benu-benua.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menaruh harapan penuh pada empat puskesmas tersebut bisa terakreditasi paripurna tahun ini. “Kita punya keinginan yang terbaik. Tapi yang lebih dari keinginan itu adalah usaha untuk meraihnya. Olehnya itu saya tekankan mereka untuk berusaha berbenah supaya terakreditasi,” tuturnya, kemarin.

Jika sudah terakreditasi paripurna, kata Sulkarnain, maka sudah tidak ada keraguan bagi masyarakat yang hendak berobat di Puskesmas. “Alhamdulillah, di Kendari sudah ada satu puskesmas yang terakreditasi paripurna yakni Puskesmas Poasia tahun lalu. Saya ingin, itu bisa jadi pelecut bagi puskesmas lain supaya mendapatkan pengakuan yang sama. Kalau terakreditasi, tentu akan semakin mudah mendapatkan beragai bantuan baik dari Pemerintah Provinsi maupun dari Kementeria,” ungkapnya.

“Tapi saya optimis, dengan tekad yang kuat serta kerja keras semua pihak, kita bisa meraihnya. Insya Allah, kita bisa terakreditasi paripurna tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepada Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengaku sudah siap menerima kunjungan Tim Akreditasi Kemenkes RI. Bahkan kata Rahminingrum, pihaknya sudah bersiap sejak Februari 2020 kemarin. “Hanya yang jadi kendala adalah pandemi Cpvud-19 yang melanda bangsa kita. Sehingga membuat beberapa persiapan luput karena fokus pada upaya penanganan dan pencegahan Covid-19. Tapi seiring berjalannya waktu, kita sudah siap di re-akreditasi,” akunya.

Lebih lanjut, Rahminingrum menjelaskan akreditasi puskesmas merupakan sebuah proses penilaian eksternal oleh komisi akreditasi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sjstem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan Mutu dan Kualitas Pelayanan Puskesmas sesuai standar, sehingga menjadi jaminan bagi masyarakat untuk memperolah pelayanan yang maksimal. “Kami terus berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Artinya, betul-betul pasien mendapatkan pelayanan yang paripurna.
Demikian juga dari sisi petugas kesehatannya, kami pastikan profesional dalam melayani,” kata Rahminingrum.

Berdasarkan informasi dari Dinkes, seluruh puskesmas di Kendari telah terakreditasi. Di mana dua diantaranya yakni Puskesmas Lepo-lepo dan Puskesmas Poasia telah mendapatkan akreditas tertinggi masing-masing terakreditasi utama dan paripurna. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy