Empat Mahasiswa Asing Raih Gelar Sarjana di IAIN Kendari – Kendari Pos
Edukasi

Empat Mahasiswa Asing Raih Gelar Sarjana di IAIN Kendari

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad (empat dari kanan) saat berfoto bersama dengan pejabat lingkup IAIN dan ke empat mahasiswa asing asal Thailand.

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah menelorkan ribuan alumni yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Menariknya, baru-baru ini kampus keagamaan terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) itu bahkan telah mengantarkan empat mahasiswa asal Thailand dengan meraih gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Keempat mahasiswa asal Thailand adalah Tasnim Saelaemai, Luthfee Khareng, Adnan Sulong, dan Tarmizi Che-Abu. Mereka merupakan mahasiswa internasional pertama di IAIN Kendari dengan memulai studinya di tahun 2016 silam pada program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad menuturkan keempat mahasiswa asal Tahailand ini merupakan hasil dari kerjasama IAIN Kendari dengan negara tersebut. Keberadaan alumni IAIN Kendari di negara Thailand sejalan dengan komitmen IAIN Kendari untuk menjadi institusi yang unggul di kawasan Asia Tenggara. “Saya berpesan agar tetap menjaga nama baik IAIN Kendari, meskipun telah berstatus sebagai alumni. Semoga ilmu dan pengalaman selama di IAIN Kendari dapat diimplementasikan dan bermanfaat untuk pengembangan pendidikan disana,” jelasnya Rabu (29/7).

Lanjut Rektor, dengan beradanya alumni IAIN Kendari di Thailand, tentu akan menjadikan IAIN Kendari lebih dikenal di kancah Internasional khususnya di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentu sejalan dengan komitmen IAIN Kendari yang bertekad menjadi kampus keagamaan yang unggul di Asia Tenggara. “Saat ini masih terdapat sejumlah mahasiswa asing yang masih sementara menyelesaikan pendidikanya di IAIN Kendari. Harapan kami tentu bisa mengantarkan mereka hingga meraih gelar sarjananya sesuai bidang yang diambilnya,” tuturnya.

Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) Abdul Halim, mengatakan, alumni IAIN Kendari asal Thailand akan menjadi menjadi the agent of change di negara mereka sekaligus menjadi agent of promotion of IAIN Kendari.

“Mereka bukanlah alumni yang pertama dan terakhir, masih ada beberapa orang mahasiswa asal Thailand yang masih menjalani studi disini. Kepulangan mereka di negaranya sekaligus membawa misi promosi IAIN Kendari di Thailand agar kerjasama yang terjalin selama ini terus berlanjut dan membawa manfaat yang lebih luas bagi kedua belah pihak,” katanya.

Sementara itu, Tarmizi mewakil rekan-rekannya mengaku beruntung dapat melanjutkan studi di IAIN Kendari karena memperoleh banyak pengalaman berharga.

“Terima kasih IAIN Kendari, dari sini kami bertemu para dosen dan kawan yang baik, membantu kami melewati semua proses sampai mencapai finish. Disini kami banyak belajar tentang perjuangan dan kemandirian, sekali lagi terima kasih semoga berjumpa lagi,” ucap Tarmizi (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy