Dorong Ketahanan Pangan, IRT di Konsel Manfaatkan P2L – Kendari Pos
Konawe Selatan

Dorong Ketahanan Pangan, IRT di Konsel Manfaatkan P2L

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konsel, Irwan (ketiga dari kiri, belakang) bersama kelompok IRT di Kecamatan Palangga Selatan usai pencanangan program P2L, kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan ketahanan pangan bagi ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dilakukan pihak Dinas Ketahanan Pangan setempat. langkah itu dimaksimalkan melalui kegiatan pemanfaatan pekarangan pangan lestari (P2L) pada sejumlah wilayah kecamatan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konsel, Irwan Silondae, mengungkapkan, program P2L adalah kegiatan yang dilaksanakan kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan, sebagai sumber pangan secara berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan, serta pendapatan.

“Juga agar kebutuhan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman,” ungkap Irwan Silondae, Jumat (3/7). Selanjutnya, kata mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Konsel itu, P2L merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) yang sumber dananya menggunakan APBN yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).
“Program dari Kementan ini sebagai upaya meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar,” jelasnya.

Irwan menyebut, untuk Konsel, mendapatkan enam kegiatan, yakni empat kegiatan baru dimana saat ini dalam tahap penumbuhan, dan dua lagi tahap pengembangan yang telah mendapatkan bantuan pada tahun sebelumnya. Jenis tanaman pangan yang dibudidayakan adalah tanaman sayur bayam dan kangkung.
“Enam kelompok tersebut tersebar di Kecamatan Palangga Selatan di Desa Parasi, Kecamatan Laeya di Puuwulo, Kecamatan Palangga pada Desa Kiaea, Kecamatan Konda di Desa Tanea. Untuk dua kelompok pengembangan tempatnya di Kecamatan Wolasi dan Tinanggea,” paparnya.

Irwan berharap, dengan melihat hasil yang ada, dan keseriusan kelompok IRT menggunakan lahan pekarangannya, itu bisa mencapai hasil maksimal.

“Sehingga kedepan, saat Pemprov melakukan monitor dan evaluasi terhadap enam kegiatan yang ada, kita di Konsel bisa dapat lebih banyak lagi. Seperti tahun sebelumnya, Konsel dapat dua kegiatan setelah Provinsi melakukan Monev dan melihat keseriusan kelompok IRT. Alhamdulillah tahun ini kita dapat empat pengembangan dan dua lanjutan, sehingga totalnya menjadi enam P2L,” harapnya.

Ditambahkan Irwan Silondae, program P2L ini juga bisa untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. “Tahun depan, kita anggarkan kegiatan seperti ini melalui APBD. Ini sebagai tindak lanjut imbauan Bupati Konsel, Bapak H. Surunuddin Dangga, agar disetiap kesempatan, apalagi dalam situasi Covid-19 saat ini tentunya P2L dapat menjadi program penunjang ketahanan pangan kita,” tutupnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy