DKP Konsel Gagas Budi Daya Lobster – Kendari Pos
Konawe Selatan

DKP Konsel Gagas Budi Daya Lobster

KENDARIPOS.CO.ID — Pemanfaatan potensi pesisir pantai di Konawe Selatan (Konsel) dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten. Upaya itu sebagai langkah dalam mendorong tumbuhnya industri budi daya lobster bagi warga nelayan. Seperti yang saat ini sedang dilakukan di Kecamatam Moramo.

DKP Konsel fokus mendorong industri budi daya lobster di wilayah tersebut agar menjadi lumbung bibit nasional. Sekretaris DKP Konsel, Musran, mengatakan, program ini merujuk pada proyek perubahan Gerbang Pesisir (Gerakan Membangung Pesisir Melalui Budidaya Lobster). Seperti yang dicanangkan melalui Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Angkatan IV Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia tahun 2020.

“Saya selaku peserta mengangkat masalah ini sebagai proyek perubahan untuk menggagas usulan peninjauan dan revisi Permen-KP nomor 56 tahun 2016 untuk memberikan kesempatan nelayan memanfaatkan potensi komoditas unggulan, khususnya lobster untuk kesejahteraan masyarakat Konsel,” ungkapnya, Selasa (7/7).

Musran menjelaskan, budi daya lobster dianggap strategis dan memberikan peran ganda, untuk kepentingan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya benih menjadi nilai ekonomi dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat pesisir. “Budi daya juga berdampak positif bagi lingkungan yakni menjadikan lobster sebagai produk khas unggulan daerah, menaikan derajat masyarakat pesisir, meningkatkan kemandiriaan dan kesejahteraan serta membantu ekonomi nasional,” imbuhnya.

Meski demikian, sambung Musran, ada kendala teknis dalam pelaksanaan proyek budi daya tersebut. “Belum maksimal dan efektif, karena tidak bisa mengumpulkan warga dalam situasi pandemi Covid-19. Saya harus door to door untuk berkomunikasi langsung dengan stakeholder eksternal maupun nelayan dan pembudidaya,” tambahnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy