Dituding Terlantarkan Pasien hingga Meninggal, Paramedis Puskesmas Disorot – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dituding Terlantarkan Pasien hingga Meninggal, Paramedis Puskesmas Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Paramedis di Puskesmas Kecamatan Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) disorot warga karena diduga menelantarkan pasien hingga akhirnya meninggal dunia, Kamis (10/7) siang lalu. Keluarga pasien mengaku menunggu berjam-jam lamanya baru mendapat pelayanan medis. Meski akhirnya, kerabat mereka tak dapat tertolong lagi. Hamruddin Hamsah, selaku perwakilan keluarga mengaku kecewa. “Kenapa kalian (tenaga medis) membiarkan mereka (keluarga dan almarhum) menunggu berjam-jam dan tidak ada satu pun datang menemui orang yang membutuhkan pertolongan pertama. Sikap kalian membuat kami kesal, kerja kalian tidak becus,” sorot Hamruddin.

Kepala Puskesmas Batu Putih, Faisal Sulaeman, yang dihubungi punya jawaban sendiri dan mengaku jika tudingan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ia menjelaskan kondisi Puskesmas Batu Putih yang dalam proses rehab bangunan sejak Maret lalu. Pihaknya bersepakat dengan mengalihkan rawat jalan dengan meminjam bangunan kantor Dinas Catatan Sipil Kecamatan, yang terdiri dari tiga ruangan. “Tidak ada pelayanan di UGD, karena memang tak ada ruangan lagi. Makanya kami alihkan ke Puskesmas Latowu, khusus pelayanan darurat yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Puskesmas kami,” jelasnya, Jumat (10/7).

Pihak Puskesmas Batu Putih sifatnya hanya melayani rawat jalan dan berkantor hanya sampai pukul 12.00 Wita. Namun karena Puskesmas Latowu terpaksa ditutup belum lama ini, maka mereka bersepakat mengalihkan lagi pelayanan darurat ke Puskesmas Pakue Utara menggantikan Latowu.

Paramedis di Puskesmas Kecamatan Batu Putih, Kolut disorot karena diduga menelantarkan pasien hingga akhirnya tak tertolong. Selain itu, ruang pelayanan kesehatan yang dipinjam dari instansi lain juga terpampang spanduk sekretariat sebuah LSM.

“Ditutup karena ada perawatnya positif Covid-19,” katanya. Pihak keluarga pasien yang merasa diterlantarkan, kata Faisal Sulaeman, datang diatas pukul 14.00 Wita dan kantor sudah tutup. Yang ada di tempat kebetulan seorang petugas kecamatan. Pihaknya telah dihubungi keluarga almarhum dan tetap ngotot dilayani di Puskesmas. Maka tidak cukup 20 menit pasca ditelepon, paramedis langsung berangkat karena pertimbangan kemanusiaan. “Jadi saya pastikan bukan berjam-jam menunggu. Karena begitu telepon ditutup, kami langsung ke Puskesmas,” jelasnya.

Ia membawa enam perawatnya dan telah memberikan penanganan medis namun nyawa korban tidak tertolong. Kondisi itu sekaligus membantah pernyataan pihak keluarga yang mengaku almarhum sudah meninggal baru dilayani. “Mereka ngotot dilayani di Puskesmas Batu Putih, karena tidak mau diarahkan ke Pakue Utara yang jaraknya hanya kurang lebih dua kilometeran. Ya ditangani semampunya, dan selebihnya kami serahkan pada Tuhan,” sambung Faisal lagi.

Soal lain yang menjadi sorotan adalah, pemandangan di pintu masuk ruang pelayanan Puskesmas Batu Putih terpampang spanduk Sekretariat LSM bertulis LP-KPK. Faisal Sulaeman yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Hanya saja menurutnya, bangunan itu bukan milik Puskesmas namun gedung Dinas Capil di Kecamatan. “Kantor Capil, lalu ditempati LP-KPK dan kami langsung pakai setelah izin dipinjampakaikan. Karena saat itu sifatnya mendesak,” jawabnya. Spanduk sekertariat itu juga tidak dilepas karena mengaku belum berkomunikasi dengan pihak LSM yang menempati bangunan tersebut. “Spanduknya masih terpasang dan kami no coment kalau itu,” tutupnya.

Anggota Komisi III DPRD Kolut, Muhammad Syair, mengaku telah mempertanyakan hal tersebut pada pihak LSM, namun belum ada jawaban. Sepengetahuan Politikus PKB itu, bangunan tersebut terpisah dari Puskesmas. Syair menegaskan, jikalau benar pihak LSM menggunakan bangunan pemerintah, maka itu tidak sesuai aturan. “Ya tidak bolehlah dijadikan sekretariat,” katanya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy