Disperindag Sultra Gelar Pasar Murah – Kendari Pos
Metro Kendari

Disperindag Sultra Gelar Pasar Murah

Suasana pasar murah di Kantor Disperindag Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Harga sembako jelang perayaan Idul Adha relatif stabil. Sejumlah komoditas di pasaran belum menunjukan peningkatan. Upaya ini tak lepas dari upaya Pemprov Sultra dalam menjaga suplai kebutuhan pokok. Tidak hanya turun melakukan pengawasan, namun juga menggelar operasi pasar dan pasar murah untuk mengantisipasi lonjakan harga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj Sitti Saleha mengatakan pemantuan ketesedian bahan pokok telah dilakukan sejak awal. Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Satgas Pangan Sultra, pihaknya rutin turun melakukan pengawasan.

“Kami pastikan harga-harga normal, tak ada lonjakkan, pasokan lancar, sehingga kita bisa merayakan hari raya yang berkah ini dengan kebahagiaan. Kami juga tetap membagikan bansos sembako dari Gugus Tugas Percepatan Penangana Covid-19 kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Sitti Saleha kemarin.

Selain itu, pihaknya turut menggelar pasar murah dan operasi pasar diwaktu yang bersamaan. Pelaksanaan berlangsung selama 5 hari sejak 23 – 27 Juli lalu. “Biasanya harga sembako jelang hari raya itu mengalami lonjakkan. Oleh karena itu, kita buat pasar murah dan operasi pasar. Masyarakat bisa memperoleh sembako dengan harga terjangkau,” tuturnya.

Sitti Saleha mengaku, antusias masyarakat cukup tinggi. Pasalnya, kebutuhan sembako yang diperdagangkan habis terjual. “Kemarin Bulog jual gula sekira 1-2 ton. Itu terjual selama lima hari pelaksanaannya. Begitu juga 14 distributor lain, mereka jual sembako, mulai dari beras, minyak goreng, tepung terigu, makanan siap saji, bahkan gas elpiji ukuran 3 kg yang kami hadirkan bekerja sama dengan Pertamina itu terjual sebanyak 3.920 tabung,” bebernya.

Laris manisnya dagangan para distributor bukan tanpa alasan kata Sitti Saleha. Itu dikarenakan harga yang dibanderol sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). “Misalnya bulog jual beras medium hanya Rp 9.000/kg, kemudian gula hanya Rp 12.500/kg, tepung terigu Rp 10.000/kg, LPG 3Kg 17.900/tabung. Semua harganya sesuai HET,” kata Saleha. (b/ags)

Stabilisasi Harga Bahan Pokok
-Operasi Pasar dan Pasar Murah
-Rutin Pantau Harga di Pasaran
-Awasi Ketersedian Stok dan Suplai
-Disperindag Gandeng TPID dan Satgas Pangan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy