Disorot, Dinsos Janji Penyaluran BST Segera Dituntaskan – Kendari Pos
Wakatobi

Disorot, Dinsos Janji Penyaluran BST Segera Dituntaskan

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) periode Juni mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Selain warga, beberapa lembaga mahasiswa dan masyarakat pun bahkan melakukan aksi unjuk rasa memertanyakan hal itu. Apalagi, sudah ada beberapa peserta yang menerima bantuan, sementara ribuan lainnya belum tersalur. Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wakatobi, Kaslan, menjelaskan, untuk pencairan BST periode Juni, memang tidak sama dengan periode pertama (Mei). Pihak Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkannya secara bertahap.

Kaslan menyebut untuk kuota BST Kabupaten Wakatobi sebanyak 8.176 penerima. Penyaluran di bulan periode Mei sudah terelasiaisi. Sementara untuk bulan Juni sudah ada sebagian yang menerima dan lainnya akan menyusul karena baru masuk via PT Pos Indonesia dan lembaga Perbankan. “Kemensos melakukannya secara bertahap. Kami dengan PT Pos Indonesia (Wakatobi) sudah berembuk. Untuk masyarakat yang merasa belum menerima akan mulai disalurkan. Kami sepakat dengan PT Pos akan menyalurkan ke desa-desa sebagaimana periode pertama,” paparnya.

Kaslan mengakui pihak Kementerian mengirim data ke pihak PT Pos lamban. Mengingat Pemerintah Pusat tengah melakukan verifikasi untuk meningkatkan sistem yang ada. “Ternyata ditemukan data-data ganda, ada juga yang ternyata penerimanya ASN. Alhamdulillah sudah tiba semua. Totalnya sebanyak 7.446 KPM untuk periode Juni,” terangnya. Ia memastikan semua masyarakat tahap pertama yang mendapatkan bantuan akan menerima kembali pada periode Juni yang disalurkan bulan Juli ini. “Mungkin yang dimaksud adik-adik yang demo soal data itu sudah masuk di data 7.446 KPM. Itu baru yang akan menerima via Pos, ya. Untuk perbankan seperti BRI yang masuk, sudah 780 penerima dan BNI 191 per hari Senin (6/7) lalu,” bebernya, Selasa (7/7).

Untuk penerima via BRI yang belum terkonfimasi atau belum masuk sebanyak 61 dan 26 dari BNI. Pihaknya masih akan terus memantau hal ini. “Kalau via PT Pos ini sudah masuk semuanya. Ini penyalurannya akan langsung dilakukan ke desa-desa,” tambahnya. Kaslan yang didampingi pihak PT Pos Indonesia Wakatobi memastikan, penyaluran ditargetkan tuntas pada tanggal 12 Juli mendatang.

Pihaknya juga berharap BST melalui Perbankan juga bisa disalurkan secepatnya. Sekadar diketahui, pada periode Mei ada sebanyak 8.176 kuota penerima BST di Wakatobi. Namun, pada saat penyaluran ada 206 yang dinyatakan invalid. Pihak Dinsos Wakatobi bersurat ke pusat agar dikembalikan dan akhirnya disetujui. Ternyata dari 206 ini, sisa tiga yang invalid. Sehingga total penerima BST Wakatobi sebanyak 8.173 keluarga penerima manfaat. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy