Disdukcapil Kolut Tak Layani KK yang Pindah Domisili – Kendari Pos
Kolaka Utara

Disdukcapil Kolut Tak Layani KK yang Pindah Domisili

Buhari


KENDARIPOS.CO.ID — Warga yang ingin berpindah domisili, tak perlu repot ke daerah asal untuk mencabut kartu tanda penduduk (KTP) tempat penerbitan awal bukti identitas. Itu bisa dilakukan di kantor pelayanan tempat tinggalnya yang baru. Syaratnya, bukan diajukan kepala keluarga (KK). Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara (Kolut), Buhari, mengatakan pencabutan pindah domisili bagi KK tidak bakal dilayani, terkecuali diajukan sang anak atau alasan berpindah tempat tinggal untuk seluruh keluarganya. “Memang bisa dicabut langsung, meski bukan di Disdukcapil tempat KTP-nya diterbitkan. Tetapi khusus KK saja, itu tidak akan dilayani,” ujarnya, Selasa (30/6). Buhari mengatakan, hal tersebut untuk menghindari keinginan sepihak dari KK. Sebab riwayat kasus seperti itu kerap terjadi, seorang pria datang meminta pencabutan domisili KTP hanya karena ingin lari dari tanggung jawab sebagai KK.

“Ada beberapa kasus. Mengaku sulit pulang karena Covid-19 dan lainnya. Setelah dicek, ternyata dia berkeluarga jadi tidak bisa dikabulkan. Terkecuali ia mencabutnya di Capil daerah asal. Sudah ada tiga kasus seperti itu,” bebernya. Beda halnya ketika sang anak mengajukan pindah, atau KK mengikutkan anggota keluarganya. Prosesnya hanya sehari bisa tuntas setelah melakukan koordinasi ke pihak Disdukcapil daerah asal. “Kalau KTP KK-nya kami cabut dan sang istri atau anak keberatan, tentu kami jadi sasaran juga. Jadi khusus satu ini tidak bisa,” tegas Buhari. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy