Dinsos Hentikan Usulan Calon Penerima BLT – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Dinsos Hentikan Usulan Calon Penerima BLT

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), mengalami sedikit hambatan. Pihak Dinas Sosial (Dinsos) di Pulau Wawonii itu mengaku, penyaluran bantuan tunai terdampak Covid-19 seharusnya dilakukan pada Juni lalu. Namun instansi tersebut masih harus mengidentifikasi kepala keluarga (KK) tambahan calon penerima BLT kabupaten tahap dua yang diusulkan Pemerintah Desa (Pemdes) dan kelurahan.

Kepala Dinas Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, mengungkapkan, sesuai surat keputusan, calon penerima BLT tambahan mendapatkan bantuan dari anggaran recofusing. Kata dia, penyaluran bantuan dengan nominal Rp 600 ribu per KK itu, akan dilakukan pekan depan. “Nama-nama calon penerimanya kami sudah ajukan ke Tim Penanganan Covid-19. Mereka yang akan menyerahkan ke Inspektorat untuk dilakukan review. Sekarang hasilnya sudah ada dan BLT kabupaten tahap dua siap disalurkan,” kata Muh. Rustam Arifin, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/7).

Ia merinci, sekitar 600 lebih warga di Bumi Wawonii yang mendapatkan BLT dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep. Untuk calon penerima tambahan akan dibayarkan dua bulan. Alasanya, hanya 431 warga yang berdomisili di desa dan kelurahan yang menikmati BLT kabupaten tahap satu. “Kalau yang tidak terima pada tahap satu, kita bayarkan ditahap dua, langsung dua bulan,” ujarnya.

Kadis Sosial mengaku, pihaknya tidak akan menerima lagi usulan Pemdes dan kelurahan yang memasukan warganya untuk menerima BLT dari kabupaten. Pihaknya sudah cukup memberi ruang pada Pemdes dan kelurahan untuk mengajukan warganya yang tidak menerima BLT dana desa dan Bansos dari sumber lain. “Kalau kita masih menerima data tambahan, pasti prosesnya panjang lagi. Harus direview lagi dan pasti kami disibukkan di lapangan. Kami juga sudah memberikan ruang hampir dua bulan agar warga yang tidak mendapatkan BLT DD dan BLT dari Kementerian untuk diajukan di Dinsos Konkep. Tapi sekarang ruang itu kami sudah tutup. Tidak ada lagi usulan tambahan penerima BLT kabupaten,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy