Dinas Perkebunan Kolut Garap Lahan Warga di Sentra Kakao – Kendari Pos
Kolaka Utara

Dinas Perkebunan Kolut Garap Lahan Warga di Sentra Kakao

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perkebunan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah membangun komunikasi dengan para pemilik lahan yang berada pada areal kompleks pengembangan sentra kakao di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua. Lahan tersebut akan dijadikan kebun kunjungan, demplot dan entris. Kepala Dinas Perkebunan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, sudah ada delapan hektare lahan warga yang sudah disetujui. Luasan itu masih kurang dan sementara dicari tambahan lokasi sepanjang berada di seputaran kawasan pengembangan.

“Kami yang akan membersihkan, memberi bibit, pupuk hingga perawatannya. Hasilnya tentu dikembalikan pada masing-masing pemilik,” kata Ismail di ruang kerjanya, Senin (27/7). Ia mengungkapkan, lahan warga di area sentra pengembangan kakao itu akan dipilah menjadi beberapa bidang meliputi kebun percontohan, demplot hingga lahan pengembangan entris tanaman. “Ke depan, Kolut akan memproduksi bibit unggul sendiri semisal F1 dan lainnya. Jadi tidak perlu lagi ke luar Sulawesi untuk memesan bibit itu karena sentranya ada di Kolut,” gagas Ismail Mustafa.

Proses pengembangan sarana prasarana pilot project sentra kakao sementara berjalan termasuk pembelian pabrik pengolahan. Kolut telah memiliki produk sendiri kakao kemasan yang sudah diolah baik berbentuk serbuk maupun siap konsumsi. Dengan adanya mesin pengolahan, sambung Ismail, akan lebih memudahkan Pemkab melakukan produksi kakao kemasan yang tentunya siap jual ke sejumlah pasar pada masa akan datang. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy