Dikbud Sultra Sediakan Layanan Rumah Belajar – Kendari Pos
Edukasi

Dikbud Sultra Sediakan Layanan Rumah Belajar

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio (kiri) bersama guru dan siswa SMAN 1 Routa, Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Dikbud Sultra juga telah memiliki program pembelajaran online dari rumah yang bisa diakses oleh para guru dan peserta didik. Program layanan aplikasi berbasis digital itu bernama Rumah Belajar.

“Silakan masuk di laman Rumah Belajar. Siswa bisa mengakses seluruh materi pembelajaran, termasuk mengikuti pembelajaran,” ujarnya. Di Rumah Belajar, siswa bisa mempelajari beragam ilmu pengetahuan dipantau pihak rumah belajar. Setiap pelajaran memiliki level, mulai dari level satu hingga level tertinggi yakni level empat. “Di level satu siswa dituntut berliterasi, sedangkan level empat sudah mahir dan bisa membagi ilmu,” jelasnya.

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru secara gratis.

Selain Rumah Belajar, ada juga program “Pembatik” atau Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Program ini menurutnya merupakan salah satu program pembelajaran yang berbasis pada penggunaan sarana teknologi informasi pendidikan.

Dirinya melihat, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, sudah ada ribuan guru yang tertarik mengikuti dan bergabung di program Pembatik. Menurutnya, program Pembatik ini, merupakan cara terbaik saat ini khususnya para guru dalam mendesain materi pembelajarannya, sehingga mudah dipahami dan dimengerti siswa.

“Yang terakhir, pembelajaran dari rumah yang bisa diakses, yakni dengan mengikuti tayangan TVRI yang menyiarkan pembelajaran siswa. Ini bisa diikuti siswa, sehingga meskipun dari rumah, siswa tetap bisa mengakses pembelajaran,” ujarnya.

Belajar dari rumah, menurutnya tidak ada yang berubah terkait dengan upaya mentransformasikan ilmu, hanya instrumennya yang berubah. Sebelum pandemi proses belajar dilakukan di kelas, di masa pandemi proses belajar melalui media virtual. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy