Dikbud Sultra Imbau Jangan Ada Siswa Terpapar Pandemi di Sekolah – Kendari Pos
Metro Kendari

Dikbud Sultra Imbau Jangan Ada Siswa Terpapar Pandemi di Sekolah

Plt Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio (tiga kanan) bersama para guru di Busel usai talk show pencegahan dan pemberantasan penyakit menular di area pendidikan

KENDARIPOS.CO.ID — Sisa 6 hari lagi, aktivitas pendidikan tahun ajaran baru 2020-2021 akan dimulai. Ada siswa yang belajar dari rumah, ada juga yang melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka akibat pandemi Covid-19. Penerapam metode belajar disesuaikan dengan status daerah tentang penyebaran Covid-19 dan kesiapan sekolah dalam penerapan new normal.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra terus menyosialisasikan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan Covid-19 di lingkungan sekolah. Termasuk penerapan new normal di bidang pendidikan. Usai di wilayah daratan, aktivitas edukasi cegah pandemi yang dilakukan lembaga yang dipimpin Asrun Lio mulai menyasar wilayah kepulauan.

Talk show virtual digelar agar bisa berinteraksi langsung dengan warga sekolah se-Sultra. Kegiatan ini akan dilaksanakan di SMAN 2 Kapontori, SMAN 1 Baubau dan SMAN 1 Batauga. Momen itu,

Plt Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemprov, di antaranya masker untuk siswa sekolah. Pengunaan masker di lingkungan sekolah merupakan salah satu bentuk implementasi penerapan new normal.

Selain itu, aktivitas di dalam sekolah, harus menerapkan jaga jarak, ketersediaan tempat cuci tangan hingga lingkungan sekolah yang sehat. “Bantuan-bantuan yang diberikan dari Pemprov, kita harapkan bisa mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah,” tuturnya.

Pencegahan Covid-19 di area pendidikan akan terus digencarkan, guna memastikan tidak ada siswa dan lingkungan sekolah yang terpapar. “Karena kegiatan ini cukup penting, sehingga kita turun untuk memastikan implementasi new normal berjalan. Salah satunya melihat protokol kesehatan yang diterapkan di lingkungan sekolah,” ujar akademisi UHO itu.

Kata dia, saat ini sekolah tengah menyambut tahun ajaran baru. Sekolah kembali kedatangan peserta didik baru yang akan menempuh pendidikan di tingkat SMA/SMK/SLB. Sehingga diperlukan kerja nyata bagi sekolah dalam memastikan lingkungan sekolah dan siswa aman dari paparan Covid-19. “Dengan cara, sekolah harus menerapkan protokol kesehatan di era new normal,” ujarnya.

Ia menjelaskan Gubernur Sultra Ali Mazi berpesan agar sekolah dan siswa benar-benar menjalankan protokol kesehatan. Meski saat ini, sebagian besar sekolah masih akan melakukan aktivitas pembelajaran secara daring, namun sudah ada sekolah yang siap melaksanakan aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy