Dikbud Konawe Rancang Program Geser Rp 1.000 – Kendari Pos
Konawe

Dikbud Konawe Rancang Program Geser Rp 1.000

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe merancang program inovasi bertajuk Gerakan Sedekah Sehari (Geser) Rp 1.000. Program itu bakal menjadi jembatan asa bagi siswa berprestasi namun kurang mampu di daerah tersebut. Lewat program, diharapkan tidak ada lagi siswa berprestasi yang putus sekolah hanya lantaran keterbatasan ekonomi. Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi mengatakan, program Geser Rp 1.000 bakal menyasar siswa berkecukupan untuk menyisihkan sebagian uang jajannya secara sukarela bagi siswa lain yang kurang mampu.

Pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, diantaranya berkoordinasi dengan pihak sekolah se-Konawe utamanya di jenjang SD dan SMP. “Seluruh Kepalah Sekolah (Kasek) harus berpartisipasi dan mendukung program sosial tersebut. Kita juga sudah berkonsultasi dengan pihak Perbankan yang akan menjadi mitra dalam sistem pengelolaan program Geser 1.000 ini,” ujar Suriyadi, ditemui diruang kerjanya. Mantan Sekretaris Dinas (Sekdis) Dikbud Konawe itu menambahkan, beberapa lembaga dan komunitas sosial di Konawe juga akan dilibatkan dalam mendukung aktualisasi program tersebut dalam hal pendampingan maupun pengawasan. Nantinya, lanjut Suriyadi, pihaknya juga akan membentuk tim khusus yang akan mengelola program inovasi tersebut secara kredibel. Aparat penegak hukum (APH) dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan akan dilibatkan untuk menghindari kesan adanya praktik pungutan liar (Pungli).

“Termasuk lembaga Ombusman RI Sultra juga kita libatkan. Sehingga, dana yang terkumpul nantinya bisa tepat sasaran karena diawasi oleh pihak berwenang,” ungkap Suriyadi. Ketua PGRI Konawe itu menyebut, rancangan program inovasi itu akan dilaunching pada awal Agustus 2020 mendatang. Ditahap awal, ia menargetkan program Geser 1.000 bisa berjalan selama dua bulan yakni Agustus dan September dengan sasaran siswa berprestasi yang bisa terbantu sebanyak 100 orang.

Bantuan yang akan disalurkan nantinya, berupa bahan perlengkapan sekolah semisal alat tulis dan seragam sekolah. Jika progresnya berjalan mulus, Suriyadi menginginkan program Geser 1.000 bisa menjadi wadah edukasi sosial. Bahkan dalam cakupan yang lebih luas, program tersebut akan menjadi jembatan perantara bagi para dermawan maupun perusahaan-perusahaan swasta dalam menyalurkan CSR di bidang pendidikan. “Namun itu nanti. Sekarang yang akan kami fokuskan yakni bantuan dari siswa ke siswa lainnya. Bahwa bukan tentang seberapa besar rupiah yang disisihkan siswa tersebut, tetapi tentang seberapa manfaat bagi rekannya yang kurang mampu,” pungkasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy