Dikbud Buteng Gagas Proses Belajar Siswa Sistem Kelompok – Kendari Pos
Buton Tengah

Dikbud Buteng Gagas Proses Belajar Siswa Sistem Kelompok

Abdullah


KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan tetap melaksanakan proses belajar mengajar. Meski memang, pandemi Covid-19 belum juga berakhir dan bahkan Buteng masih dalam status zona merah.

Namun disisi lain, agar proses belajar mengajar di sekolah lebih efektif, maka Kepala Dikbud Buteng, Abdullah, sudah menggagas rencana untuk memulai proses belajar yang rencananya akan dimulai 13 Juli, hari ini. Metodenya dengan menerapkan sistem belajar secara berkelompok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Iya, jadi sekolah dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar maupun SMP, kita akan buat sistem pembelajaran secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima orang,” ujarnya, Minggu (12/7). Ia memahami, untuk di Sultra sendiri, hanya dua daerah yang diizinkan melaksanakan proses belajar di sekolah, yakni Konawe Kepulauan dan Muna Barat. Meski begitu, untuk Buteng, proses belajar di sekolah akan tetap dilaksanakan. Apalagi selama beberapa bulan terakhir, metode pengajaran yang diterapkan, dianggap kurang efektif.

“Waktu itu, kami melakukan proses pembelajaran via daring dan pemberian paket buku tugas buat para siswa. Namun begitu, kualitas para siswa agak sedikit menurun dan tidak efektif,” ungkap Abdullah. Makanya,, proses belajar secara berkelompok akan diterapkan, agar pelajar bisa dibimbing langsung para guru.

“Jadi, dari setiap kelompok ini, para guru akan berkeliling ke masing-masing kelompok untuk memberikan pelajaran dengan waktu yang ditentukan (kondisional) dan tidak mengikuti jam sekolah normal,” ulasnya. Abdullah menyampaikan untuk proses belajar sendiri, para guru maupun siswa tetap akan disediakan alat pelindung diri (APD) dan tempat cuci tangan.

“Saya kira ini sangat penting. Apalagi, situasi saat ini masih dalam masa pandemi corona. Keselamatan para siswa maupun guru sangat penting untuk kita perhatikan,” tandas Abdullah. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy