Dana Minim, 3 Posko Pemantauan Covid-19 di Perbatasan Kolut Dibubarkan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Dana Minim, 3 Posko Pemantauan Covid-19 di Perbatasan Kolut Dibubarkan

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga Posko pemantauan penyebaran Covid-19 resmi dibubarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) setelah empat bulan bertugas pada pintu masuk perbatasan. Salah satu penyebab penghentian aktivitas itu karena keadaan anggaran yang mulai minim.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, membenarkan hal tersebut. Posko pada tiga pintu masuk tersebut adalah di batas wilayah Kolut dengan Lutim, Kolaka, dan Siwa melalui dermaga penyeberangan feri Tobaku secara resmi dibubarkan terhitung akhir pekan lalu. “Iya benar. Posko sudah dikosongkan tidak ada lagi penjagaan. Hal ini bukan berarti masyarakat sudah bebas. Jaga kesehatan masing-masing bersama keluarga dengan menjalani protokol kesehatan,” pesan Junus, Senin (13/7).

Diakuinya, beban pendanaan operasional menjadi penyebab penghentian aktivitas Posko pemantauan tersebut. Apalagi belum ada kepastian berkurangnya jumlah kasus, padahal ada juga kebutuhan pembiayaan lain yang lebih prioritas. Ia menggambarkan, personelnya yang ditugaskan di Posko setiap hari untuk di wilayah Wawo diberi honor Rp 150 ribu, di Dermaga Pelabuhan Tobaku Rp 100 ribu dan batas Kolut-Lutim Rp 200 ribu, di luar biaya makan. Jika dikalkulasi dengan jumlah personel lintas OPD dan institusi lainnya, tentu lumayan banyak dana yang dikeluarkan tiap bulan.

“Kalaupun pengecekan kesehatan, mungkin saja ada tetapi itu hanya pelabuhan oleh PMI dan lainnya,” papar Junus. Dengan pembubaran Posko tersebut, warga Kolut yang melakukan aktivitas di luar hanya akan diperiksa di perbatasan Kabupaten Kolaka. Meski begitu, Junus berpesan agar warga Kolut justru harus lebih waspada lagi dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy