Dampak Pandemi Corona, Realisasi Pajak Kota Kendari Baru 22,17 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Dampak Pandemi Corona, Realisasi Pajak Kota Kendari Baru 22,17 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus corona (Covid-19) benar-benar mempengaruhi seluruh sektor penerimaan daerah. Itu bisa dilihat dari realisasi penerimaan pajak daerah di Kota Kendari sepanjang semester I 2020 baru mencapai Rp 49,44 miliar setara dengan 22,17 persen dari target tahun ini sebesar Rp 223 miliar. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan penerimaan daerah dari sekor perpajakan masih rendah dikarenakan sebagian besar wilayah (pusat bisnis) Kota Kendari masih terkategori zona kuning dan merah.

Hal ini berimbas penghasilan para pelaku usaha yang turut mempengaruhi pajak yang hendak dipungut pemerintah. “Para pelaku usaha masih dalam proses new normal, pendapatan mereka masih belum stabil. Di sisi lain, Pemkot memperpajang penundaan pembayaran pajak hingga akhir Juli ini sebagaimana tertuang dalam SK Wali Kota Kendari Nomor 431 Tahun 2020,” ungkapnya kemarin.

Dari 11 pos penerimaan pajak daerah hingga akhir Juni 2020, realisasi tertinggi dicapai pajak penerangan jalan sebesar Rp 20,34 miliar disusul bea perolehan atas hak tanah dan bangunan (BPHTB) Rp 9,45 miliar (lengkapnya lihat grafis) “Untuk pajak sarang burung walet kita belum tagihkan karena Perda-nya baru tuntas dibahas dewan kemarin. Insya Allah, secepatnya akan kami sampaikan kepada para pelaku usaha supaya mengetahui apa kewajiban mereka sebagai pengusaha,” kata Sri Yusnita.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengapresiasi capaian Bapenda. Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi pihaknya memungut pajak ditengah pandemi Covid-19, mengingat sebagai besar objek pajak di Kota Kendari terganggu pendapatannya. “Kita harus syukuri capaian yang diperoleh. Berbagai kebijakan telah kami keluarkan termasuk menunda pembayaran pajak hingga bulan ini. Oleh karenanya, saya kembali mengajak kepada seluruh warga metro untuk senantiasa wabah ini segera hilang dari bangsa kita agar roda perekonomian bisa berjalan seperti biasa,” kata Sulkarnain.

Untuk menggenjot pajak, iasudah menginstruksikan kepada Bapenda agar lebih memaksimalkan alat perekam pajak. Begitu juga OPD lain sudah instruksikan untuk pandai mencari sumber pendapatan baru. “Saya juga mengimbau masyarakat khususnya para pelaku usaha untuk senantiasa jujur atas hasil usaha yang diperoleh. Sebab, dalam penghasilan mereka ada hak daerah untuk pembangunan yang nantinya akan dinikmati oleh seluruh warga,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy