Daftar Tunggu CJH Wakatobi Capai 23 Tahun – Kendari Pos
Konawe

Daftar Tunggu CJH Wakatobi Capai 23 Tahun

KENDARIPOS.CO.ID — Keberangkatan calon jamaah haji (CJH) ditunda akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, tidak sedikit masyarakat Wakatobi yang tetap mendaftar untuk menjalankan rukun Islam kelima tersebut di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat. Selain banyaknya pendaftar, antrean calon haji untuk bisa mendapatkan kesempatan berangkat ke Tanah Suci juga kian panjang.

Jika sebelumnya daftar tunggu masih selama 21 tahun, kini masyarakat yang telah meregistrasi namanya di Kemenag Wakatobi harus cukup bersabar menunggu jadwal keberangkatan. Pasaanya, daftar tunggu haji Wakatobi saat ini telah mencapai 23 tahun. Itu juga karena ditundanya keberangkatan CJH tahun ini dan dialihkan pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Kemenag Wakatobi, Khalifah, menjelaskan, kuota CJH yang harusnya berangkat tahun ini dan dipastikan akan menunaikan ibadah haji tahun 2021 mendatang sebanyak 88 orang. Tak ada satupun masyarakat yang menarik atau meminta pengembalian dana serta membataklkan keberangkatan. “Seharusnya tahun ini sudah berangkat sebanyak 88 orang. Tapi karena pandemi ini makanya digeser tahun depan. Sehingga ini juga mempengaruhi daftar tunggu haji di Wakatobi. Sekarang sudah 23 tahun,” ulangnya, menegaskan, Senin (20/7).

Khalifah juga menjelaskan, hakekatnya semua tahapan sudah dilakukan oleh CJH Wakatobi tahun ini. Mulai dari penugasan, pemeriksaan kesehatan hingga pembuatan pasport. “Tinggal manasik yang akan dilakukan lewat virtual. Untuk materinya juga sudah dikirimkan. Kalau situasi normal, seharusnya sudah berangkat. Tapi, terpaksa harus ditunda,” bebernya. Sekadar diketahui, pendaftar haji di Wakatobi saat ini telah lebih dari 1.800 peserta. Sebelumnya pada tahun 2019 lalu, daftar tunggu haji telah mencapai 19 tahun. Kemenag Wakatobi berharap tahun depan tidak ada lagi kendala sehingga masyarakat yang telah berkesempatan berangkat, tidak tertunda lagi. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy