Calon Kada Diminta Adu Gagasan – Kendari Pos
Politik

Calon Kada Diminta Adu Gagasan

Tito Karnavian


KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para calon kepala daerah beradu gagasan tentang penanganan COVID-19. Menurutnya, langkah ini sangat positif dalam mendukung pencegahan dan penanggulangan virus corona di masyarakat. “Penanganan COVID-19 dapat menjadi materi sosialisasi para figur yang akan ikut kompetisi di pilkada. Silakan calon atau kontestan yang berniat ikut kompetisi pilkada adu gagasan. Ini tentu sangat menarik. Karena warga di masing-masing daerah juga ingin tahu bagaimana calon menangani virus Corona,” kata Tito, kemarin.

Meski begitu, pemanfaatan penanganan COVID-19 sebagai sarana sosialisasi calon maupun tim sukses diharapkan memperhatikan norma-norma politik dan hukum. “Karena bisa saja ada calon atau tim sukses para calon yang kreatif memproduksi masker atau cairan antiseptik untuk sarana sosialisasi,” jelas mantan Kapolri ini.

Menurutnya, kreativitas penanganan COVID-19 sebagai bahan sosialisasi bagi kontestan akan berdampak multifungsi. Yakni pencapaian tujuan politik, capaian sisi ekonomi dan bermanfaat untuk kemanusiaan. Jika penanganan COVID-19 menjadi materi para pihak yang terlibat dalam pilkada, hal ini dapat membantu mempercepat pengendalian COVID-19.

Terpisah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan aparatur sipil negara (ASN) harus netral dalam Pilkada Serentak 2020. “ASN yang menjadi pimpinan tinggi di pemerintahan daerah, termasuk paling rentan dipolitisasi. Sehingga berpotensi terjadi ketidaknetralan dalam kontestasi pilkada,” kata Bamsoet di Jakarta.

Mantan Ketua DPR RI itu mendorong pemerintah melakukan langkah pencegahan terjadinya politisasi ASN demi kepentingan pilkada. “Pemerintah daerah dan dinas-dinas di daerah harus memiliki merit system yang matang guna mencegah terjadinya pelanggaran netralitas ASN,” papar politisi Partai Golkar tersebut. (fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy