Bupati Kolut Izinkan Objek dan Jasa Wisata Dibuka – Kendari Pos
Kolaka Utara

Bupati Kolut Izinkan Objek dan Jasa Wisata Dibuka

Nur Rahman (pakai kaca mata)


KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah objek wisata di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mulai dibuka bagi pengunjung di Bumi Patowonua. Langkah tersebut sebagai upaya menyongsong adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, secara resmi memulai hal tersebut dengan membuka aktivitas wisata di Permandian Sungai Desa Watumotaha, Kecamatan Ngapa, Minggu (26/7).

Nur Rahman dalam arahannya, menegaskan, dibukanya objek wisata bagi masyarakat yang ingin berkunjung bukan berarti daerah tersebut tanpa virus corona lagi. “Di mana terdapat berkumpul banyak orang, justru pada dasarnya kita semua harus lebih waspada. Jangan lupa selalu memakai masker dan tetap berjarak antara satu dengan yang lain,” imbau Kolut-1 itu, kemarin.

Bupati berharap masyarakat nanti bisa tertib dan disiplin menjalankan aturan protokol kesehatan, sebagai sarana yang wajib dipatuhi. “Setiap pemerintahan di desa dan kecamatan yang mengelola secara langsung objek wisata, patut memerhatikan ketersediaan sarana penunjang protokol baik tempat mencuci tangan dan memastikan setiap yang masuk lokasi menggunakan masker,” ulang Nur Rahman, mengingatkan.

Sementara itu untuk usaha jasa pariwisata (UJP) seperti hotel dan restoran, juga mulai dibuka. Sepanjang penyebaran virus corona, memang melumpuhkan berbagai sektor perekonomian di Kolut. Pemerintah telah turun tangan mengantisipasi kondisi tersebut dengan pembagian Sembako hingga uang tunai guna memenuhi kehidupan warga sehari-hari. Di Kolut, terdapat puluhan objek wisata yang beberapa diantaranya sudah dikomersilkan sebagai sumber pendapatan bagi daerah. Mulai dari Danau Biru, Pantai Berova, Arung Jeram di Rante Angin hingga wisata Pulau Bintang di Tolala.

Permandian Watumotaha tergolong baru dikelola tahun ini sebagai tempat liburan baru di Kecamatan Ngapa yang digarap Pemerintah Desa setempat. Kedepan, pihak desa berinisiatif mengembangkan aliran sungai itu sebagai wisata arung jeram (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy