Bupati Dukung Aktivitas Kebudayaan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Bupati Dukung Aktivitas Kebudayaan

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (ketiga dari kanan) membuka kegiatan pembinaan dewan adat Tolaki sekaligus pengukuhan pengurusnya di rumah tradisional pada kawasan Pantai Berova Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Tamalaki Dewan Adat Patowonua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) resmi dibentuk. Seremonial tersebut juga sekaligus dirangkaikan dengan pembinaan dewan adat di rumah tradisional suku Tolaki pada kawasan Pantai Berova Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, Kamis, (23/7).

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, mengatakan, kegiatan tersebut perdana dihelat pasca terbentuknya Kolut sebagai kabupaten. Pemkab Kolut sangat mengapresiasi dan mendukung segala bentuk aktivitas kebudayaan sebagai bagian penguatan peran, serta fungsi kearifan lokal. “Kalau bukan kita siapa lagi dan jika bukan sekarang kapan lagi. Mari kita bersatu menjaga budaya kita ini,” imbau bupati, kemarin.

Ketua Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kolut, Anton juga sangat mengapresiasi Pemkab di era kepemimpinan Nur Rahman Umar dan Wakil Bupati, H. Abbas yang banyak memberi perhatian.

Anton berpesan agar keluarga besar suku Tolaki tidak lagi menghabiskan waktu untuk berdebat pada hal-hal tak relevan di masa sekarang. “Patowonua sudah final. Begitu juga LAT dan Dewan Adat itu tidak terpisahkan. Tugas kita memikirkan masa sekarang untuk era yang akan datang. Kuncinya ada pada kita semua saat ini,” tegasnya dalam kegiatan yang diikuti proses pemilihan Ketua Tamalaki Dewan Adat Patowonua dan dihadiri Akademisi Ilmu Sejarah Budaya UHO, Basrin Melamba sebagai pemateri. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy