Bupati Buton Unjuk Potensi Perikanan ke Menteri Edhy Prabowo – Kendari Pos
Nasional

Bupati Buton Unjuk Potensi Perikanan ke Menteri Edhy Prabowo


KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Bupati Buton, La Bakry membangun jejaring di level pemerintah pusat demi kemajuan daerah yang dinakhodainya. Bupati Buton diundang rapat kerja bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Selasa (14/7) di Jakarta.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah), Bupati Buton, La Bakry (empat dari kanan), dan Penasihat Bidang Ekonomi Maritim, Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin (dua dari kanan) usai rapat kerja terkait potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Buton di Jakarta, Selasa (14/7).

La Bakry memanfaatkan peluang emas untuk memaparkan potensi perikanan di Buton. Paparan Bupati La Bakry disampaikan di hadapan Menteri Edhy Prabowo, Dirjen lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Penasihat Bidang Ekonomi Maritim Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin.

Bupati La Bakry mempresentasikan tentang potensi pengembangan perikanan di otoritanya.
Pemkab Buton sendiri sudah lama memiliki rencana Pembangunan Sentra Industri Perikanan di Teluk Kamaru. Termasuk juga pemanfaatan Teluk Kapontori untuk kegiatan Budidaya terintegrasi di Teluk Kapontori, Peningkatan kapasitas PPI Pasarwajo, dan Rencana Pendirian Perguruan Tinggi berbentuk Politeknik Kelautan dan Perikanan di Koholimombono Kecamatan Wabula. “Sektor perikanan kita sangat potensial. Dan semua akan kita maksimalkan. Makanya kita butuh dukungan pusat,” kata La Bakry mengulang paparannya kepada Kendari Pos saat dihubungi, Selasa (14/7) malam.

Selama ini kata La Bakry, Kabupaten Buton hanya dikenal dengan potensi aspalnya yang melimpah. Selain itu, tanah Buton masih menyimpan kandungan dan potensi sumber daya alam (SDA) yang begitu banyak.”Kalau semua potensi itu optimal, ekonomi kita ini bisa jauh lebih maju,” tambahnya.

Atas paparan itu, Bupati La Bakry mengaku Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengapresiasi potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki Kabupaten Buton. Potensi kelautan dan perikanan Kabupaten Buton dilirik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Beberapa pesan penting yang sudah dicatat KKP, diantaranya, Dirjen Perikanan Budidaya akan meninjau kelayakan Teluk Kapontori untuk dijadikan kawasan budidaya komoditas perikanan seperti ikan kerapu, kakap, baronang dan lobster. “Jika memungkinkan kata menteri akan dibangun hatchery (tempat penetasan) dan pembenihan di kawasan Teluk Kapontori itu,”ungkap La Bakry.

Sehingga lanjut dia, menteri meminta Dirjen Perikanan Tangkap agar memberi perhatian penuh terhadap kegiatan perikanan tangkap di Kabupaten Buton, termasuk pengadaan kapal perikanan 100 GT untuk memanfaatkan potensi perikanan tangkap WPP 713 pada perairan laut banda dan WPP 714 di laut flores.

Bukan hanya itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan agar melakukan upaya revitalisasi atas PPI Pasarwajo dan PPI Kamaru serta menambah kapasitas gudang berpendingin (Cold Storage) untuk menampung hasil tangkapan yang lebih besar.

“Soal usulan pendirian Politeknik Kelautan dan Perikanan juga sudah diketahui oleh Kepala Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan dan akan segera ditindaklanjuti. Karena kita sudah siapkan tanah seluas 12 hektare,” jelas La Bakry.

Sementara itu, Penasihat Bidang Ekonomi Maritim Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin memberi penguatan tentang prospek pengembangan perikanan di Buton. Mantan Rektor Universitas Lakidende (Unilaki), Konawe itu menyampaikan bahwa pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Buton sudah sejak tahun 1997 digagas dengan program town ship yang dibiayai oleh pemerintah Denmark. Namun tidak berlanjut karena terjadi krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1997. “Jadi pertemuan hari ini, kita sangat puas dan dianjurkan untuk terus berkoordinasi,” tutup Prof.Masihu Kamaluddin. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy