Bupati Buton Lantik Pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa – Kendari Pos
Buton

Bupati Buton Lantik Pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap wilayah memiliki lembaga bernama Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Untuk membangun kemitraan dan jalur koordinasi yang terus terhubung satu dengan yang lain, BPD di Kabupaten Buton juga membentuk asosiasi. Namanya Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD). Jumat (10/7), struktur organisasinya resmi terbentuk. Para pengurus dilantik langsung oleh Bupati Buton, La Bakry di ruang rapat, kompleks perkantoran Takawa. Seremoni pengambilan sumpah itu turut disaksikan Wakil Bupati, Iis Elianti, Sekretaris Kabupaten, La Ode Zilfar Djafar dan Ketua DPRD, Hariasi.

Bupati Buton, La Bakry, meminta agar BPD membangun kemitraan yang baik dengan kepala desa. Koordinasi itu diwujudkan dalam bentuk pengelolaan dana dan bantuan di desa dengan baik. Muara dari setiap program desa harus menuju pada kemaslahatan masyarakat bukan kelompok, apalagi perangkat desa maupun BPD itu sendiri. “Pemdes dengan BPD itu mitra, dalam membangun desa. Pemdes merencanakan dan merealisasikan, BPD yang mengawasi. Awasi itu DD dan ADD. Pastikan kalau manfaatnya sampai ke masyarakat,” katanya.

Lebih jauh, Ketua DPD II Golkar Buton itu juga mengimbau agar peran BUMDes juga dimaksimalkan. Pengurus BUMDes harus dari kalangan terlatih dan terpelajar, agar bisa menciptakan inovasi di tengah masyarakat. “Setiap desa itu kan pasti ada orang-orang hebat, ada sarjananya. Mereka itu perlu diberi ruang untuk berkarya, BUMDes salah satunya,” tambahnya.

Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD) Buton, Luwi Sutaher, mengamini harapan Buton-1 itu. Dia menyebut beberapa Kades di Buton masuk penjara karena alasan transparansi anggaran dan praktik KKN yang kerap terjadi. Dari sana masalah selalu tercipta. Penunjukan perangkat desa yang subjektif sehingga membuka potensi penyalahgunaan wewenang. “Pemdes selama ini menganggap BPD itu hanya pelengkap. Hanya diminta tanda tangan saja. Kita ingin merubah pola itu. Kami mau BPD juga berperan aktif, kita tidak minta fasilitas yang sama dengan kepala desa. Cukup bekerja baik saja, dihargai,” tegasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy