BST Lambat Tersalur, Kerja Kemensos Disorot – Kendari Pos
Wakatobi

BST Lambat Tersalur, Kerja Kemensos Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial kembali mendapatkan sorotan dari masyarakat Wakatobi. Pasalnya, selain penyaluran BST periode Mei yang seharusnya sudah tuntas dilakukan, faktanya realisasi di lapangan yang tersalur justru periode bulan Juni atau tahap ketiga. Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Wakatobi, Kaslan, menyebut, penyaluran BST yang tersalur seharusnya untuk periode Mei. Mengingat saat ini baru dua kali dilakukan penyaluran bantuan di Wakatobi. Jika sebanyak 8.176 penerima pada periode April (pertama), maka selanjutnya juga seharusnya penerima dengan kuota yang sama.

“Nah ini yang masih kita lakukan koordinasi di Kemensos. Yang perlu diketahui, pembagian BST ini kan menggunakan barcode karena itu memang kebijakan di pusat. Sementara untuk saat ini penyaluran yang seharusnya baru periode Mei (tahap kedua), Kemensos justru meng-off-kan barcode periode Mei,” ujarnya. Padahal kata Kaslan, seharusnya barcode periode Mei masih aktif mengingat masyarakat belum menerima bantuan tersebut.

“Karena sepengetahuan kami yang tersalur sekarang seharusnya periode bulan Mei tapi ternyata justru yang terjadi penyaluran BST periode Juni. Padahal kan untuk periode Mei saja belum direalisasikan. Ini yang akan kami kroscec. Kok bisa seperti ini,” keluh Kaslan. Keluhan masyarakat terkait penyaluran BST periode Mei yang lambat dan bahkan langsung mencairkan bansos periode Juni juga dimaklumi Kaslan.

“Karena semua kebijakan dari Kemensos. Dan pihak yang punya kewenangan untuk menyalurkan di sini adalah PT Pos. Makanya setelah kita tahu ternyata barcode periode Mei ini dinonaktifkan kita langsung menghubungi desa dan kelurahan agar mendata masyarakat yang belum menerima BST Periode Mei supaya kita koordinasikan hal ini ke pusat,” bebernya.

Kaslan juga mengeluhkan realisasi BST periode Mei juga tidak dilakukan satu kali. Apalagi kata dia penyaluran BST via PT Pos juga bersamaan dengan bantuan Lansia dan disabilitas. “Pada akhirnya ini yang membuat pihak PT Pos bingung sehingga terjadilah ribut-ribut ini. Kalau misalnya barcode periode Mei dan Juni masih aktif maka penyalurannya akan berurutan. Tapi, kan sekarang penyaluran sesuai barcode sudah masuk periode Juni. Tapi, intinya yang kami tahu adalah penyaluran ini harus dilakukan tiga periode karena itu kebijakan Kemensos dan ini yang akan kami kejar sampai tuntas,” pungkasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy