BPBD Kolut Minta Warga Waspadai Longsor dan Luapan Sungai – Kendari Pos
Kolaka Utara

BPBD Kolut Minta Warga Waspadai Longsor dan Luapan Sungai

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan dengan intensitas tinggi masih terus mengguyur Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Situasi tersebut membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meningkatkan monitoring kondisi sejumlah wilayah. Hal yang paling rentan dalam situasi itu adalah potensi luapan sungai yang dapat memicu bencana banjir. Kepala BPBD Kolut, Hj. Syamsuryani, mengatakan, setiap hujan berkepanjangan, diikuti peningkatan volume ketinggian air sungai dari wilayah pegunungan.

“Sungai yang sempit namun berkelok jika meluap, maka menyasar area lebih rendah di sekitarnya. Olehnya itu meski bukan di dataran rendah, saya imbau warga yang bermukim di bantaran sungai harus waspada,” pinta Hj. Syamsuryani, Selasa (14/7). Bukan hanya banjir yang bisa mengancam pemukiman pada daerah bantaran sungai di daratan tinggi, namun juga warga diminta waspada longsor.

Untuk wilayah Kolut, zona rawan longsor meliputi Kecamatan Tolala, Batu Putih di Desa Tetebawo, Mosiku dan Lelewawo. Di Kecamatan Katoi yakni Desa Katoi-Simbula, Desa Walasiho Kecamatan Wawo, Desa Latawaro Kecamatan Lambai serta Desa Totallang, Rante Limbong dan Puncak Monapa Kecamatan Lasusua. “Kita berharap jauh dari musibah dan warga waspada lebih dini,” imbuhnya. Ia menyarankan, jika warga merasa resah karena arus sungai deras atau sudah ada potensi luapan air, maka cara aman sebaiknya mengungsi sementara waktu. “Untuk sekarang ini kami pantau Kolut masih aman,” pungkas Syamsuryani. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy