BNNP Sultra Ajak Camat & Lurah Berantas Narkoba – Kendari Pos
Metro Kendari

BNNP Sultra Ajak Camat & Lurah Berantas Narkoba

KENDARIPOS.CO.ID — BNNP Sultra, kemarin (30/6) menggelar kegiatan rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba di lingkungan masyarakat. Raker ini diikuti puluhan camat dan lurah di kota Kendari. Dalam pertemuan tersebut Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol. Ghiri Prawijaya, meminta agar camat dan lurah bersinergi memerangi penggunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah kerjanya.

Kepala BNNP menjelaskan, bila desa atau kelurahan menjadi jalur masuknya barang terlarang, terutama desa yang berada di daerah perbatasan negara.Wilayah tersebut menjadi sasaran yang paling aman bagi bandar narkoba dan barang-barang terlarang lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian BNN dan LIPI bahwa angka prevalensi penyalahgunaan narkoba terus mengalami peningkatan. Di tahun 2017, angka prevalensi berada pada 1,7 persen dan meningkat menjadi 1,8 persen di tahun 2019.
“Atas fakta ini, BNN akan menjadikan desa dan kelurahan sebagai garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba,” terang Kepala BNNP dalam sambutannya di hadapan camat dan lurah yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Program desa dan kelurahan bersih narkoba akan menyasar desa-desa yang berada di pesisir maupun non pesisir yang menjadi target penyelundupan dan peredaran gelap Narkoba. “Jumlah desa yang telah terpapar Narkoba 74.950 desa dan 8.479 kelurahan. Kota Kendari 64 kelurahan. 24 kelurahan yang menjadi sampel penelitian pada 2020 sama sekali tidak ada yang berkategori aman,” ungkapnya.

Kepala BNNP mengatakan, diperlukan sinergitas dukungan dari pemerintah daerah desa yang perannya strategis dan sangat penting dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba di desa/kelurahan. “Semua ini dalam mewujudkan Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” paparnya.

Untuk diketahui pelaksanaan rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan masyarakat bersama camat dan lurah se-Kota Kendari tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya dengan menjaga jarak, menggunakan masker serta sebelum masuk ke ruangan para peserta terlebih dahulu menggunakan handsanitizer. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy