Blokir DD 52 Desa di Konawe Segera Dibuka – Kendari Pos
Konawe

Blokir DD 52 Desa di Konawe Segera Dibuka

KENDARIPOS.CO.ID — Rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait penetapan jumlah dan nama-nama desa di Konawe, resmi ditetapkan menjadi Perda lewat paripurna yang dilakukan DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Dengan disahkannya produk hukum daerah bernomor 4 tahun 2020 tersebut, maka secara otomatis mengakhiri polemik yang selama ini terjadi menyangkut penghentian sementara dana desa (DD) pada wilayah yang diduga fiktif.

Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, mengatakan, dengan ditetapkan Perda tersebut, 52 desa yang sempat bermasalah kini sudah sah secara hukum. Dengan begitu pula, ke-52 desa tersebut kembali berhak menerima kucuran DD dari Pemerintah Pusat. “Blokir DD di 52 desa oleh Kementerian Keuangan bakal dibuka. Insya Allah tanggal 10 Juli ini (blokir DD itu dibuka),” ungkap Ardin, kemarin. Ia menjelaskan, penyebab lambannya pengesahan Perda nomor 4 tahun 2020 itu, karena Pemprov Sultra mengeluarkan dua nomor registrasi Raperda terkait jumlah dan nama-nama desa di Konawe.

Padahal sebelumnya, DPRD Konawe sudah terlebih dahulu membahas satu Perda saja terkait 52 desa bermasalah itu. Pemkab pun, menindaklanjuti masukan Pemprov itu dengan kembali mengesahkan dua Perda terkait jumlah dan nama-nama desa di Konawe. “Ada sedikit miskomunikasi. Kita di sini bahas satu Perda, sementara Pemprov mengusulkan harus dua. Itu kan masalah juga,” terangnya. Lanjut Ardin, atas polemik yang terjadi, Pemerintah Pusat berupaya mencari solusi terbaik atas perbedaan pandangan di level kabupaten dan provinsi.

Puncaknya, tanggal 29-30 Juni lalu, diadakanlah rapat di Jakarta oleh pihak Kementerian Dalam Negeri yang turut dihadiri perwakilan Pemkab Konawe dan Pemprov Sultra. Dari pertemuan itu, Pemkab Konawe diminta untuk membuat satu Perda saja terkait jumlah dan nama-nama desa.
“Untuk menyudahi dua Perda yang sudah disahkan itu, kita keluarkan Perda Konawe nomor 3 tahun 2020 tentang pencabutan atas Perda nomor 1 dan 2. Kemudian, kita lahirkanlah Perda Konawe nomor 4 tahun 2020 ini,” tandas Politikus PAN Konawe tersebut. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy