BKKBN Sultra Kunker ke Muna Barat – Kendari Pos
Metro Kendari

BKKBN Sultra Kunker ke Muna Barat

KENDARIPOS.CO.ID — Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Muna Barat. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka dukungan penguatan Program Bangga Kencana di daerah. Dalam pertemuan itu d
ilakukan audiensi antara Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pemda. Kegiatan ini berlangsung di Rujab Wakil Bupati Muna Barat yang dihadiri pejabat setempat.

Dalam kesempatan tersebut juga disertai dengan acara penyerahan untuk memberdaya gunakan ASN Perwakilan BKKBN Sultra, formasi jabatan Penyuluh KB pengadaan tahun 2018 sebanyak 3 orang.

Penyerahan ini sebagai implementasi dari UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dimana urusan Pengendalian Penduduk dan KB menjadi “Urusan Konkuren” yaitu urusan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah pusat. Melalui BKKBN dan Pemda terkait dengan subsatansi penyerahan Penyuluh KB, yang diserahkan bukan status kepegawaiannya tetapi tenaganya untuk diberdayagunakan di daerah dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah.

Status kepegawaian Penyuluh KB ini masih manjadi pegawai pusat (BKKBN) sehingga segala urusan yang berkaitan dengan ketenagaan dan keuangan menjadi tanggungan BKKBN. Sedangkan untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam pengendalian penduduk dan KB para Penyuluh KB ditempatkan di desa/kelurahan se-Sultra.

Kadis Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Muna Barat, Nrs. Hidayat, S.Kep menyatakan,
bila di Muna Barat ada 11 Kecamatan memiliki kampung KB dan satu diantaranya menjadi model percontohan bagi kampung KB lainnya. ” Kami ditargetkan 1085 perolehan akseptor, Alhamdulillah kami telah mencapai 1509 akseptor atau tercapai 150 persen dari target,” terangnya dalam sambutan.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs.Asmar M.Si, yang dalam kesempatan tersebut menyerahkan tiga PLKB di Muna Barat. ” Terimakasih kepada Pemda mubar yang telah berkontribusi dalam pencapaian kinerja perolehan Akseptor melalui OPD. Dimana pencapaiannya bisa melebihi target ketentuan pusat. Ini ada tiga PLKB untuk penggajian dan lainnya tanggungjawab pusat, namun untuk kedisiplinannya merupakan tanggung jawab daerah. Semoga dengan PLKB baru bisa bekerjasama dengan OPD terkait sehingga kinerja lebih maksimal. Demikian program Bangga Kencana di Muna Barat semakin maju ke depannya,
” terang Kepala BKKBN dihadapan undangan.

Sementara itu menurut Sekda Muna Barat, mewakili pemda mubar, bila tanpa penyuluh KB PNS pun Muna barat bisa melampaui target diberikan. “Sehingga ke depan dengan adanya tiga penyuluh KB PNS merupakan tantangan untuk lebih baik lagi pencapaiannya,”harapnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan SK penempatan wilayah tugas dari Sekda Muna Barat kepada ke- 3 orang Penyuluh KB tersebut.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy