Benahi Pasar Lapulu, Pemkot Anggarkan Rp 3 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Benahi Pasar Lapulu, Pemkot Anggarkan Rp 3 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir konsisten melanjutkan kebijakan pendahulunya, Asrun merevitalisasi pasar tradisional. Tiap tahunnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengalokasikan anggaran perbaikan sarana dan prasarana pasar yang mengalami kerusakan plus infrastruktur penunjang. Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar mengatakan revitalisasi pasar menjadi prioritas Pemkot Kendari. Namun karena adanya wabah corona, Pemkot menunda sejumlah proyek pembangunan pasar lantaran anggaran terbatas. Makanya, hanya pasar Lapulu yang direvitalisasi tahun ini.

“Tahun ini hanya Pasar Lapulu yang direvitalisasi dengan anggaran Rp 3 miliar. Padahal kami sudah ajukan ke Dinas Perdagangan dan Koperasi Kota Kendari untuk direvitalisasi. Mudah-mudahan tahun depan pasar lainnya juga kebagian,” ungkap Asnar. Proyek revitalisasi sambungnya, sama sekali tidak mengurangi konsep pasar yang sudah ada. Di mana Pasar Lapulu saat ini sudah mengusung konsep semi modern tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal.

“Pasar Lapulu adalah pasar rakyat kebanggan masyarakat Lapulu dan sekitarnya. Bukan hanya masyarakat Kendari yang berbelanja di Pasar Lapulu, Masyarakat Konsel pun utamanya yang berdomosili di Moramo Utara dan Moramo banya yang mencari kebutuhan hidupnya di Pasar Lapulu,” jelasnya. Oleh karena itu, Asnar menganggap penting dilakukan revitalisasi agar pengunjung bisa semakin nyaman berbelanja di Pasar Lapulu. “Ada beberapa item pengerjaan, salah satunya adalah pemasangan pemasangan paving block dibeberapa titik area pasar guna mencegah terjadinya genangan dikala musim penghujan datang,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat menyambangi Pasar Lapulu.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik rencana revitalisasi pasar tahun ini. Itu penting menurutnya dalam rangka membenahi sarana pasar yang rusak atau masih kurang. “Saya kira ini sangat baik bukan hanya di Pasar Lapulu saja melainkan pasar lain di Kendari, hanya saat ini APBD kita direcofusing jadi semuanya harus bertahap. Mudah-mudahan upaya yang kami lakukan bisa memberikan kenyamanan bagi warga pasar dan yang terpenting perekonomian bisa berjalan lancar tapi tetap dengn kebiasaan baru yakni menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.(b/ags)

Revitalisasi Pasar Lapulu
Tahun 2020
-Pemasangan Paving Block
-Benahi Luapan dan Genangan Air
-Sarana Penunjang
-Rp 3 Miliar

Tahun 2016
Pembangunan 174 Kios
34 Lapak Pedagang Sayur
Anggaran Rp 10 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy