Belajar di Rumah Tumbuhkan Kecakapan Hidup dan Life Skill – Kendari Pos
Edukasi

Belajar di Rumah Tumbuhkan Kecakapan Hidup dan Life Skill

Ali Koua Kepala SMKN 1 Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Asrun Lio menggariskan peran orang tua sangat strategis dalam mendorong dan menyemangati siswa belajar dari rumah. Sebab peran guru kini sedang diambil alih orang tua dalam mengakses materi pelajaran.

Karena itu, Plt Kepala Dinas Dikbud Sultra itu berharap orang tua siswa bisa membantu dan memotivasi anaknya saat belajar dari rumah. Kondisi ini telah menciptakan pengalaman baru bagi siswa yang bisa melahirkan kecakapan hidup dan life skill siswa.

“Melalui pembelajaran yang sesuai minat masing-masing akan melahirkan kreativitas siswa. Belajar dari rumah, fokusnya bukan menuntaskan kurikulum pendidikan, namun untuk menumbuhkan life skill siswa, pengalaman baru dan kecerdasan baru bagi siswa. Sehingga siswa dengan mudah bisa beradaptasi dengan situasi pendidikan yang sedang dialaminya,” ungkap akademisi UHO ini.

Belajar di rumah tidak memiliki batasan materi. Siswa bisa belajar apa saja yang sesuai dengan minatnya masing-masing. Saat ini Dikbud Sultra terus memotivasi guru dan siswa agar lebih adaptif dengan situasi sekarang. Di mana guru tidak lagi berinteraksi langsung dalam mentransfer ilmu kepada siswanya dari ruang kelas. Belajar dari rumah menggunakan media teknologi komunikasi menjadi instrumen baru yang perlu biasakan. Dengan begitu siswa bisa mendapatkan pengalaman baru untuk berkreasi dalam belajar, dan menciptakan ide-ide baru atau life skill. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy