Bebas Covid-19, Bombana jadi Zona Hijau – Kendari Pos
Bombana

Bebas Covid-19, Bombana jadi Zona Hijau

Bupati Bombana, Tafdil (dua dari kiri) menyalurkan bantuan kepada warganya yang terdampak pandemi Covid-19. Tafdil juga intens blusukan mengingatkan warga agar ikut mencegah penyebaran Covid-19. Hasilnya, Bombana kini masuk zona hijau. Puluhan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, kini sudah sembuh.


KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras Bupati Bombana, Tafdil bersama Forkopimda dan tenaga kesehatan yang rela blusukan mengingatkan warganya akan pencegahan Covid-19 tak sia-sia. Daerah itu diklaim bebas dari penyebaran covid, alias zero covid setelah 74 pasien yang terpapar Covid dinyatakan sembuh. Bombana yang semula wilayah zona merah, kini menjadi zona hijau. Kabar gembira tersebut diungkapkan Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bombana, Tafdil.

Tafdil menjelaskan apa yang menjadi ikhtiar selama ini buah kerja keras seluruh jajaran Satgas dan sinergitas Forkopimda serta masyarakat untuk memutus mata rantai Covid-19. “Allhamdulillah, 74 kasus terkonfirmasi positif di Bombana sudah sembuh semua. Kasus terakhir satu orang, sudah sembuh hari ini (kemarin red),” kata Tafdil kepada Kendari Pos, kemarin.

Bupati Bombana dua periode itu menjelaskan dari 74 pasien yang dirawat tersebut 70 orang dirawat di Rumah Susun (Rusun) di Kabupaten Bombana. Dan empat lainnya dirawat di RSUD Bahteramas, Kota Kendari. “Dalam perawatan 70 pasien tersebut, kami melibatkan tenaga medis dan dokter spesialis paru yang kami miliki. Tak hanya itu, tim medis kami juga melibatkan psikolog anak, karena beberapa pasien yang positif di Bombana itu adalah anak-anak,” sebut Tadfil.

Suami anggota DPD RI, Andi Nirwana Sebbu itu menjelaskan, tim medis tak hanya fokus penanganan pasien secara fisik. Emosi para pasien positif selama dirawat di Rusun Bombana itu sangat diperhatikan. “Karena aspek emosi, salah satu yang mempengaruhi imun atau daya tahan tubuh pasien agar segera sembuh dari Covid-19. Pasien harus diperhatikan dan dibuat nyaman. Kami siapkan fasilitas wifi, jadwal olahraga pagi dilakukan setiap hari. Bahkan kebutuhan setiap pasien kami penuhi untuk mengolah emosi pasien agar selalu tenang dan senang,” tutur Tafdil.

Meski RSUD Kabupaten Bombana bukanlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 namun Tafdil berkeyakinan Satgas Covid-19 Bombana dapat dan mampu menangani pasien positif Covid-19 di Bombana. “Saat itu kami sempat ragu, tapi saya dan seluruh jajaran Satgas berada dalam satu persepsi untuk merawat seluruh pasien. Alhamdulillah, dengan kerja keras dan ikhlas kami bisa melewati semua, dan sudah terbukti sekarang ini semua pasien telah sembuh,” ucapnya.

Dengan sembuhnya seluruh pasien positif Covid-19, Bupati Bombana berharap seluruh jajaran Satgas Covid tak berpuas diri. Pasalnya cobaan lebih besar ada di depan mata yaitu new normal. Pada fase ini, masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.
“Olehnya itu saya imbau seluruh masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan yakni memakai masker, jaga jarak dan intens mencuci tangan. Satgas tidak bosan mengampanyekan protokol kesehatan mencegah Covid-19,” tutup Tafdil. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy