Bantu Korban Banjir, Surunuddin Salurkan Sembako – Kendari Pos
Konawe Selatan

Bantu Korban Banjir, Surunuddin Salurkan Sembako

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) bersama jajarannya saat meninjau lokasi banjir pada tiga desa di Kecamatan Ranomeeto Barat


KENDARIPOS.CO.ID — Curah hujan yang sudah berlangsung sepekan membuat tiga desa di Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terendam. Wilayah tersebut adalah Boro-boro Lameuru, Laikandonga dan Tunduno. Sejumlah rumah warga dan akses jalan di kawasan itu tergenang. Kondisi itu ditambah dengan luapan sungai Konaweeha yang membuat debit air mencapai lutut orang dewasa.

Sebanyak 32 kepala keluarga (KK) warga terpaksa diungsikan di tenda yang telah disiapkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konsel. Pada titik lain, warga harus menggunakan jasa perahu tradisional (pincara) jika ingin keluar atau masuk ke pemukimannya. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama Ketua TP PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, sudah turun mengunjungi warganya, sejak akhir pekan lalu.

Di lokasi banjir, Konsel-1 itu juga sekaligus menyalurkan bantuan pada 32 KK warga banjir di Desa Laikandonga dan Boro-boro Lameuru. Bantuan yang disalurkan berupa Sembako. Pemkab juga menurunkan tenaga medis lengkap dengan kebutuhan obat-obatan. Surunuddin mengatakan, bantuan yang diberikan itu hanya bersifat stimulan untuk meringankan beban warga terdampak bencana banjir.

“Semoga ini bisa meringankan beban warga kita yang tertimpa banjir. Khususnya mereka yang mengungsi,” empati Surunuddin, didampingi sejumlah pejabatnya, Camat Ranomeeto Barat, H. Syahir Anjaya hingga para Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan. Dalam kesempatan tersebut, bupati dan rombongan harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer menuju lokasi banjir. Diakuinya, Pemkab sedang memikirkan langkah solutif terkait bencana alam yang dalam tiga tahun terakhir selalu melanda wilayah itu.

“Sebagai alternatif, kita berupaya merelokasi warga terdampak banjir ke tempat yang lebih tinggi. Supaya kalau banjir lagi, warga bisa aman,” gagas Surunuddin. Ia mengungkapkan, sejak tahun lalu pihaknya telah merencanakan perubahan ruas jalan utama di Desa Laikandonga yang sering tergenang termasuk pembangunan jembatan dan program peningkatan jalan (pengaspalan).

“Harusnya sudah dikerjakan tahun ini. Namun akibat adanya pandemi Covid-19, menyebabkan refocusing atau pengalihan anggaran,” jelasnya.
Meski demikian, ia tetap akan memikirkan agar kedepan segera merealisasikan pengalihan jalan dan relokasi warga terdampak bencana itu. “Semoga pandemi corona ini segera berakhir, supaya kita bisa fokus menjalankan program kerja pada tiga desa ini,” janjinya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy