Bantu Guru Honorer dan Siswa Miskin, Dikbud Sultra Siapkan Rp 22 Miliar – Kendari Pos
Nasional

Bantu Guru Honorer dan Siswa Miskin, Dikbud Sultra Siapkan Rp 22 Miliar

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio


KENDARIPOS.CO.ID — Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Korona (Covid-19) khususnya disatuan tingkat pendidikan di Sultra, Pemprov mengalokasikan anggaran sekira Rp 40 miliar ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra. Kucuran dana tersebut menjadi pelecut semangat Dikbud Sultra dalam kendali Asrun Lio untuk percepatan penanganan Covid-19. Asrun ingin menyelamatkan generasi bangsa dari paparan virus Covid-19.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan, anggaran yang digelontorkan pemprov ke instansinya cukup besar mengingat potensi dan risiko penularan yang cukup tinggi bisa terjadi di sekolah. “Anggaran tersebut kami gunakan untuk penyediaan sarana dan prasarana protokol kesehatan (Prokes) di sekolah, kemudian penyediaan alat pelindung diri (APD) dan stimulus bagi guru honorer dan siswa kurang mampu se-Sultra,” ungkap Asrun kepada Kendari Pos, Selasa (14/7) kemarin.

Asrun mencontohkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan sekira Rp 22 miliar yang untuk 4.050 guru honorer dan siswa miskin SMA,SMK, SLB, yang terdampak pandemi Covid-19 di Sultra. “Bantuan itu agar mereka tetap melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) secara daring. Untuk siswa agar mereka dapat membeli paket data. Itu upaya kita untuk memperkecil potensi penularan virus yang sangat rentan terjadi jika PBM secara tatap muka,”jelas Asrun Lio.

Ditanya soal berapa realisasi anggaran hingga 14 Juli 2020 kemarin, Asrun mengaku tak hafal angkanya. Yang jelas kata dia, anggaran yang telah diporsikan untuk percepatan penanganan covid-19 di satuan tingkat pendidikan digunakan sesuai peruntukkannya. “Memang butuh anggaran yang cukup besar untuk mengatasi wabah ini. Itu sudah termasuk biaya sosialisasi yang kami lakukan, dan itu wajib untuk dilaksanakan karena sudah arahan pemerintah,” kata Asrun.

Asrun menjelaskan proses transfer sejumlah insentif dan bantuan tersebut dilakukan pekan kedua di bulan Juli ini. “Sudah diproses dan minggu ini sudah ditransfer. Ini termasuk untuk bantuan siswa miskin dan paket data siswa,” ujar Asrun Lio. (ags/b)

Butuh Anggaran Besar Atasi Wabah

Bantuan Guru dan Siswa
-4.050 guru honorer mendapat insentif
-Mereka adalah guru honorer yang mengantongi surat keputusan (SK) Gubernur
-Selain itu, 1.000 siswa miskin mendapatkan bantuan
-Nominalnya, satu siswa mendapat Rp 1 juta
-Adapula 86 ribu siswa akan mendapatkan paket data
-Nominalnya Rp 195 ribu (paket data) plus vitamin perorang

SUMBER : DINAS DIKBUD SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy