Banjir Konawe tak Pengaruhi Stok Beras – Kendari Pos
Konawe

Banjir Konawe tak Pengaruhi Stok Beras

Muhammad Akbar


KENDARIPOS.CO.ID — Bencana banjir yang terjadi di Konawe tak hanya merendam rumah-rumah warga. Ratusan hektare sawah di wilayah tersebut juga ikut tergenang. Termasuk di Kecamatan Abuki, Padangguni, Tongauna dan wilayah penyangga pasokan beras daerah. Meski begitu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe memastikan, ketersediaan pangan tidak akan terganggu meski genangan air belum juga surut. Itu karena, 70 persen areal persawahan sudah dipanen terlebih dahulu sebelum musibah banjir melanda.

Jaminan tersebut itu diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar. Ia mengatakan, banjir yang sudah terjadi lebih dari sepekan tak akan berpengaruh besar terhadap ketersediaan beras yang ada. “Untuk stok saat ini, kita masih punya beras sebanyak 3.100 ton di gudang Bulog Unaaha. Belum lagi yang ada di penggilingan se-Konawe. Jumlahnya 418 ton. Jadi, total stok beras di Konawe saat ini mencapai 3.518 ton,” ujar Muhammad Akbar, akhir pekan lalu.

Walupun banjir masih menggenangi beberapa kecamatan, Akbar menyebut, Pemkab cukup bersyukur banjir terjadi saat sebagian wilayah sudah melakukan panen padi. Bahkan sampai kini gudang Bulog Unaaha masih saja menerima pasokan beras dari masyarakat.
“Itu berarti panen masih ada. Tapi bukan beras saja, bahan kebutuhan pangan lain seperti bawang merah dan bawang putih juga masih normal,” ungkapnya.

Yang perlu diperhatikan saat ini, sambung Akbar, yakni mengenai ketersediaan daging mendekati hari raya Iduladha. Namun ia mengaku, hal itu masih bisa diantisipasi sebelum daging menjadi sulit ditemui di pasaran. Ataupun jika harganya mengalami kenaikan jelang hari raya kurban itu.

“Intinya kalau beras masih aman. Memang ada sekitar 30 persen lahan persawahan di Konawe yang gagal panen. Tapi itu karena terlambat panen saja. 70 persennya sudah dipanen duluan sebelum banjir datang,” tandasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy